Berita Kediri

Ratusan Pecatur Berlomba Rebut Piala Bupati Kediri, Diikuti Enam Atlet Nasional

Ratusan Pecatur Berlomba Rebut Piala Bupati Kediri, Diikuti Enam Atlet Nasional

Editor: Rendy Nicko
Luthfi Husnika/ Tribun Mataraman
Ratusan Pecatur mengikuti ajang Kejuaraan Catur 2022 untuk memperebutkan Piala Bupati Kediri. Agenda tersebut digelar oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Kediri. 

TRIBUNMATARAMAN.COM, Kediri - Ratusan Pecatur mengikuti ajang Kejuaraan Catur 2022 untuk memperebutkan Piala Bupati Kediri. Agenda tersebut digelar oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Kediri.

Kejuaraan catur yang digelar di Ruang Joyoboyo, Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri itu diikuti sebanyak 250 pecatur baik kategori umum maupun pelajar. 

Ketua Percasi Kabupaten Kediri Randy Agatha menyampaikan, menindaklanjuti arahan dan program Bupati Hanindhito Himawan Pramana dalam memajukan olahraga.

Percasi berkomitmen untuk menggelar kejuaraan catur secara rutin setiap tahunnya. Kejuaraan catur 2022 merupakan event kedua setelah sebelumnya diadakan pada Desember 2021.

Baca juga: Ratusan Pesepeda Ikuti Short Track XC Race Piala Ketua ISSI Kota Kediri, Mas Abu Beri Pesan

Baca juga: Digitalisasi Pasar Tradisional Menjadi Komitmen Pemkab Nganjuk Tingkatkan Sinergitas Antarlembaga

Pada kejuaraan catur 2022 para pecatur dibagi dalam empat kelas, yakni kelas SD mulai kelas 1-3, kelas 4-6, kelas SMP/SMA dan kelas umum.

Khusus untuk kalangan pelajar yang berjumlah 175 peserta diwajibkan berkependudukan Kabupaten Kediri.

"Melalui kejuaraan ini kita juga menjaring bakat dan potensi atlet catur lokal dari Kabupaten Kediri," katanya Minggu (25/12/2022).

Hasil dari kejuaraan catur tersebut, khusus untuk kelas pelajar nantinya akan ditindaklanjuti dengan kegiatan pembinaan dan pelatihan secara intensif untuk bisa diikutkan dalam level kejuaraan lebih tinggi. Tak hanya tingkat provinsi diharapkan bisa ke level nasional bahkan internasional. 

"Ini upaya yang kita lakukan, dan dengan dukungan penuh dari Mas Dhito (sapaan Bupati Kediri) kita bisa kembali melaksanakan event ini," ucapnya.

Untuk meramaikan piala bupati Kediri pecatur dari kategori umum diperbolehkan datang dari luar Kabupaten Kediri.

Dari 75 pecatur kategori umum yang mengikuti kejuaraan itu, enam pecatur merupakan atlet nasional, dua di antaranya menyandang gelar fide master (FM).

Para pecatur yang berhasil menjadi pemenang dalam kejuaraan itu akan menerima piala bupati Kediri dan total hadiah mencapai Rp20 juta.

Diyakini Randy, kejuaraan catur 2022 yang digelar itu bagi para pecatur sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas dan juga mental.

"Melalui event kejuaraan ini, kita siapkan kualitas para atlet, harapan kami event semacam ini ke depan bisa diadakan di tingkat lokal mulai kecamatan," pungkasnya.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengapresiasi terselenggaranya kembali kejuaraan catur 2022 di Kabupaten Kediri. 

Melalui penjabat Sekda Adi Suwignyo dalam pembukaan kejuaraan disampaikan, sebagaimana dalam visi misi ke-8 pengembangan seni budaya, pemuda dan olahraga, semua bidang olahraga terus disuport dan diharapkan mampu memuncukan atlet-atlet berprestasi.

"Kemarin juga diadakan kejuaraan bulu tangkis memperebutkan piala bupati, alhamdulilah telah selesai lancar dan berhasil menjaring atlet muda bulu tangkis dan sekarang digelar kembali kejuaraan catur," pungkasnya.

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik : Tribun Mataraman

(lutfi Husnika/tribunmataraman.com)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved