Breaking News:

Berita Trenggalek

Di Festival Inovasi Trenggalek, Bupati Mas Ipin Ingatkan ASN Harus “Berakhlak”

Saat membuka Festival Inovasi Trenggalek di Pasar Pon Trenggalek, Bupati Mas Ipin meminta para ASN untuk Berakhlak. Ini maksudnya

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/aflahul abidin
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat membuka TIF 2021, Selasa (14/12/2021). 

TRIBUNMATARAMAN.com | TRENGGALEK – Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin membuka festival inovasi Trenggalek atau Trenggalek Innovation Festival 2021 yang akan digelar 14-15 Desember 2021.

Ketika membuka pagelaran festival inovasi termeriah di Kabupaten Trenggalek, Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu menekankan agar para aparatur sipil negara (ASN) memegang teguh core value “berakhlak”.

Nilai-nilai berakhlak yang dimaksud merujuk pada penekanan yang sebelumnya disampaikan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Gairahkan Ekonomi di Pasar Rakyat, Festival Inovasi Trenggalek Digelar di Pasar Pon

Nilai-nilai dalam berakhlak yang dimaksud sesuai dengan kepanjangannya, yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adiptif, dan kolaboratif.

“Ketika kita dengar kata ‘berakhlak, yang penting depannya ‘ber-‘ itu yang harus dipahami. Berikut artinya beroritensai pelayanan,” kata Mas Ipin, kepada puluhan ASN yang mengikuti TIF 2021.

Dengan demikian, politisi PDI Perjuangan itu meminta agar para ASN berlomba-lomba untuk membuat inovasi yang besar. Besar yang ia maksud adalah memiliki dampak luas terhadap kemudahan bagi masyarakat.

“Ini masih saya tunggu. Bagaimana meremonerasikan seluruh kerja ASN didasarkan dari kepuasan masyarakat di dalam menerima pelayanan,” sambungnya.

Ia memberi contoh, yakni layanan gerakan tengok bawah masalah kemiskinan alias Gertak.

“Dalam Gertak, misalnya, harus diukur dari masyarakat yang dilayani. Apakah mereka itu sebenarnya sudah senang atau tidak dengan pelayanan yang selama ini ada,” ungkap dia.

Penekanan orientasi pelayanan bagi ASN, kata Mas Ipin, penting untuk memupuk pola kerja ASN yang maksimal.

“Saya berharap, awal tahun depan sudah ada rumusan baru, menyisipkan kompoten besar dalam target kita yang berbasis pelayanan masyarakat,” ujar Mas Ipin.

Mas Ipin juga ingin memastikan agar pelayanan di sektor perizinan di Kabupaten Trenggalek bisa mudah diakses warga.

Hal itu untuk memberi peluang investasi di Kabupaten Trenggalek tumbuh hingga menggeliatkan kembali ekonomi setelah pandemi.

“Saya ingin kantor perizinan itu, usai bertemu dengan pengusaha sekali saat mengajukan izin, selanjutnya tidak harus bertemu lagi. Tinggal minta kontaknya, kemudian tahap tahap selanjutnya difasilitasi hingga izin usaha itu keluar,” ungkap dia.

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved