Berita Blitar

Pendaftaran PPDB Jalur Golden Tiket Tingkat SMP di Kota Blitar Sudah Dibuka, Kuota Cuma 10 Persen

Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur golden tiket tingkat SMP tahun ajaran 2023/2024 di Kota Blitar mulai dibuka, Senin (9/1/2023).

Penulis: Samsul Hadi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/samsul hadi
Pengendara melintas di depan SMPN 1 Kota Blitar, Jl A Yani, Kota Blitar. 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur golden tiket tingkat SMP tahun ajaran 2023/2024 di Kota Blitar mulai dibuka, Senin (9/1/2023).

Kuota PPDB jalur golden tiket hanya dibatasi 10 persen dari pagu di masing-masing sekolah. Sedang pendaftar PPDB jalur golden tiket bebas untuk siswa dari dalam Kota Blitar maupun luar kota.

"Pendaftaran jalur golden tiket dibuka mulai hari ini (Senin) sampai 14 Januari 2023. Sedang pelaksanaan ujiannya pada 17 Januari 2023. Semua SMP negeri di Kota Blitar pelaksanaannya bersamaan," kata Kepala SMPN 1 Kota Blitar, Juli Setyanto, Senin (9/1/2023).

Juli mengatakan sistem PPDB jalur golden tiket diserahkan ke masing-masing sekolah. Sekolah akan melaksanakan lomba untuk menyeleksi calon siswa yang mendaftar lewat jalur golden tiket.

"SMPN 1 mengadakan lomba akademik. Pendaftar jalur golden tiket akan mengikuti lomba akademik dengan cara mengerjakan 100 butir soal terdiri atas Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS. Soal dibuat oleh sekolah," ujarnya.

Dikatakannya, kuota calon siswa dari jalur golden tiket hanya 10 persen dari pagu siswa baru di SMPN 1.

Pagu siswa baru di SMPN 1 sebanyak 288 siswa. Berarti, SMPN 1 hanya mengambil 29 siswa dari jalur golden tiket.

"Pagu siswa baru di SMPN 1 sebanyak 288 siswa. Untuk jalur golden tiket kuotanya hanya 10 persen. Kami hanya mengambil 29 siswa dari jalur golden tiket," katanya.

Kepala SMPN 7 Kota Blitar, Murdijanto mengatakan juga melaksanakan lomba akademik di jalur golden tiket.

Sekolah akan memberikan 100 butir soal akademik terdiri atas Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPA untuk pendaftar jalur golden tiket.

"Kuota jalur golden tiket hanya 10 persen. Untuk SMPN 7 hanya butuh 26 siswa dari jalur golden tiket. Peserta yang dinyatakan lolos dan mendapatkan golden tiket apabila berada pada peringkat satu sampai 26," katanya.

(samsul hadi/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved