Berita Blitar

Program Asimilasi Untuk Warga Binaan Lapas Blitar Akan Dilanjutkan Lagi Tahun ini

Program asimilasi untuk para warga binaan di Lapas Blitar akan dilanjutkan lagi tahun ini. Berikut syarat warga binaan yang berhak mendapatkan

Penulis: Samsul Hadi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/samsul hadi
Petugas LP Kelas IIB Blitar memberikan sosialisasi kepada warga binaan soal program asimilasi, Kamis (5/1/2023). 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Program asimilasi untuk warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Blitar dilanjutkan tahun ini. 

Asimilasi merupakan proses pembinaan narapidana dengan cara membaurkan warga binaan di dalam kehidupan masyarakat. 

Kebijakan program asimilasi dikeluarkan Kemenkum HAM pada 2020 ketika terjadi pandemi Covid-19. 

Program asimilasi salah satunya untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan LP. 

"Sesuai Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor 168 yang dikeluarkan pada 2 Januari 2023, program asimilasi dilanjutkan pada 2023 ini," kata Kepala LP Kelas IIB Blitar, Gatot Tri Rahardjo, usai memberikan sosialisasi soal program asimilasi kepada para warga binaan, Kamis (5/1/2023). 

Gatot mengatakan sesuai Keputusan Menteri Hukum dan HAM, program asimilasi dilanjutkan sampai 30 Juni 2023. 

Warga binaan yang sudah menjalani setengah maupun dua per tiga dari masa hukuman pidana hingga akhir Juni 2023 akan mendapatkan program asimilasi.

"Sekarang, kami sedang melakukan pemetaan, kira-kira ada berapa warga binaan yang mendapatkan asimilasi mulai Januari 2023 sampai Juni 2023," ujarnya. 

Dikatakannya, saat ini, ada aturan baru terkait program asimilasi untuk warga binaan. Pemberian program asimilasi kepada warga binaan harus ada rekomendasi dari hasil penelitian yang dilakukan Badan Pemasyarakatan. 

Penelitian dari Badan Pemasyarakatan itu untuk mengurangi risiko pengulangan melakukan tindak pidana dari warga binaan yang akan mendapatkan program asimilasi.

"Jadi, kami tidak bisa secara mutlak langsung memberikan asimilasi kepada wargaan binaan. Sekarang, kami harus melibatkan penelitian Badan Pemasyarakatan dalam memberikan asimilasi kepada warga binaan," katanya.

Dikatakannya, sampai sekarang, sudah ada sekitar 700 warga binaan di LP Kelas IIB Blitar yang mendapatkan program asimilasi. 

Dari total warga binaan di LP Blitar yang sudah mendapat asimilasi, tidak ada yang melakukan pengulangan melakukan tindak pidana. 

"Mudah-mudahan tahun ini ada banyak warga binaan yang mendapatkan asimilasi. Sekarang jumlah warga binaan penghuni LP Blitar sebanyak 563 orang," katanya.

(samsul hadi/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved