Ibadah Haji 2022

Sebanyak 274 CJH Asal Nganjuk Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sebanyak 274 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Nganjuk telah mengikuti rangkaian bimbingan manasik haji massal dan siap diberangkatkan ke tanah suci.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengalunkan sorban kepada salah satu CJH yang selesai mengikuti manasik haji dan siap berangkat ke tanah suci.   

TRIBUNMATARAMAN.com NGANJUK - Sebanyak 274 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Nganjuk telah mengikuti rangkaian bimbingan manasik haji massal dan siap diberangkatkan ke tanah suci.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya mengucap puji syukur kepada Tuhan YME karena pemerintah sudah membuka ibadah haji yang dua tahun tidak diperbolehkan.

"Kita ucapkan Alhamdulillah setelah dua tahun ibadah haji ditutup karena pandemi covid-19, dan tahun ini sudah dibuka kembali," kata Marhaen Djumadi saat menutup rangkaian manasih haji dan pelepasan CJH Kabupaten Nganjuk tahun 2022, Kamis (2/6/2022).  

Dikatakan Marhaen Djumadi, manasik haji bagi CJH yang akan berangkat ke tanah suci sangat penting. Karena manasik haji sebagai bekal para jama'ah saat menjalankan ibadah haji di tanah suci.

Terlebih, ungkap Marhaen Djumadi, ibadah haji merupakan ibadah fisik dan mental. Yang mana sebagai jama'ah haji harus menjaga kondisi kesehatan serta bahagia dalam menjalankannya.

Untuk itu, tambah Marhaen Djumadi, pihaknya berpesan kepada calon jemaah haji agar tetap mengikuti arahan dari pembimbing mulai dari berangkat sampai pulang.

"Silakan ikuti arahan pembimbing agar lancar dalam perjalanan. Dan tidak lupa kami mengucap terimakasih kepada Kemenag karena sudah banyak membantu masyarakat Kabupaten Nganjuk dalam menunaikan ibadah haji tahun 2022 ini," ucap Marhaen Djumadi.

Marhaen Djumadi juga menitip doa kepada para jemaah haji untuk Kabupaten Nganjuk agar masyarakat tetap diberi kesehatan dan kesejahteraan.

"Mudah-mudahan apa yang kita harapkan agar Nganjuk bisa menjadi daerah yang makmur, sejahtera, aman dan kondusif bisa terwujud," tandas Marhaen Djumadi.  

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Nganjuk, Mohamad Afif Fauzi mengatakan, pihaknya mengucapkan selamat kepada para calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci. Dan pihaknya juga bersyukur tahun ini ibadah haji telah dibuka kembali meskipun belum ada sebagian dari jamaah haji yang berangkat.

Diungkapkan Afif, Jemaah haji yang berangkat tahun ini merupakan jemaah haji di tahun 2020. Dikarenakan pandemi covid-19 sehingga akses masuk saudi ditutup untuk melaksanakan ibadah haji.

Disebutkan Afif, sebanyak 274 orang jemaah haji akan berangkat di tahun 2022 dari Kabupaten Nganjuk. Data tersebut dapat berubah sesuai dengan pendaftar haji.

"Mudah-mudahan seluruh jemaah haji bisa berangkat semuanya dengan keadaan nyaman dan khusyuk dalam beribadah, serta pulang dalam keadaan selamat," tutur Afif. (aru/Achmad Amru Muiz)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved