Berita Kediri

Walikota Abdullah Abu Bakar Resmikan Tempat Wisata Kampung Keren Sumber Soyo di Kota Kediri

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar meresmikan Wisata Kampung Keren Sumber Soyo di Kelurahan Bawang, kecamatan Pesantren, kota Kediri, Sabtu (31/12)

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meresmikan tempat wisata Sumber Soyo di Kelurahan Bawang, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Sabtu (31/12/2022). 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar meresmikan Wisata Kampung Keren Sumber Soyo di Kelurahan Bawang, kecamatan Pesantren, kota Kediri, Sabtu (31/12/2022).

Peresmian Sumber Soyo ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Kediri.

Diharapkan setelah Sumber Soyo diresmikan ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh pengelola.

Salah satunya mengenai kebersihan sumber. Karena daya tarik dari Sumber Soyo ini adalah keindahan dan keorisinalitasnya. Apabila kebersihan Sumber Soyo tidak dijaga maka akan sepi pengunjung.

"Kalau tidak bersih dan banyak sampah plastiknya orang akan enggan datang. Sumber ini harus dijaga agar ekosistemnya terus berjalan," harapnya.

Selain kebersihan, Sumber Soyo juga harus dirawat serta  ada manajemen yang bagus karena memiliki potensi wisata yang diminati masyarakat. 

Harus ada beberapa kegiatan yang ditawarkan kepada masyarakat agar Sumber Soyo lebih ramai lagi. "Ini masih perlu ditata. Harus ditambahkan tempat parkir, tempat  makan ikan, berenang, dan menyelam lalu foto underwater," ungkapnya.

Ketua Pokdarwis Kelurahan Bawang, Nugroho menambahkan, pembangunan Sumber Soyo menggunakan anggaran Prodamas di tahun 2022. 

Adanya Prodamas di Kelurahan Bawang sangat bermanfaat, salah satunya mempercantik Sumber Soyo yang memiliki luas 4.570 meter persegi.

 "Dulunya sumber ini seperti hutan belantara yang kadang dibuat mabuk-mabukan. Lalu kami bersihkan karena kami melihat potensi yang bagus dari Sumber Soyo. Nantinya sumber ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar," haranya.

Nugroho menjelaskan di Sumber Soyo  akan disediakan tempat kuliner dengan melibatkan UMKM di Kelurahan Bawang. Selanjutnya akan ditambah beberapa wahana seperti flying fox. 

"Kami akan terus diskusi bagaimana Sumber Soyo semakin baik lagi. Prodamas telah berhasil menyelesaikan permasalahan yang ada," jelasnya.

(didik mashudi/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved