Pilpres 2024

Elektabilitas Erick Thohir Terus Naik, Ini Kata Pengamat Politik Untirta

Elektabilitas Erick Thohir Terus Naik, Ini Kata Pengamat Politik Untirta

Editor: Rendy Nicko
Istimewa
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. 

TRIBUNMATARAMAN.COM, Surabaya - Indikator Politik Indonesia mengeluarkan hasil survei terbaru, yang masih menempatkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024. 

Sedangkan untuk calon wakil presiden (Cawapres), Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tertinggi dengan perolehan 19,7 persen.

Sementara elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir terus meningkat di tahun 2022. Jika awal tahun elektabilitas hanya 7 persen, namun pada survei kali ini sudah mencapai 9 persen.

Pengamat Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Leo Agustino, mengatakan, meningkatnya elektabilitas Erick karena publik mengapresiasi kinerja yang sudah ia lakukan selama ini, baik sebagai Menteri BUMN maupun di luar tugas dan fungsinya sebagai pejabat publik

"Pak Erick dinilai publik sebagai salah satu pembantu Presiden Jokowi yang berkompeten dan cakap dalam mengemban tanggung jawab," ujarnya, Sabtu (3/12/2022).

Dirinya juga mencontohkan, pada saat Covid 19 melanda, Menteri Erick mengemban tugas tambahan dari Presiden Jokowi yang sangat berat. Yaitu turut mendukung penanganan pandemi di Indonesia. 

Selain itu, lanjut dia, Menteri Erick juga dinilai sukses menyelenggarakan Presidensi G20. Sehingga, semua tugas itu dapat diselesaikan dengan sangat baik. Bahkan saat ini Erick Thohir dipercaya Presiden Jokowi sebagai ketua pelaksana pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Leo berpendapat, naik turunnya elektabilitas atau tak beranjaknya elektabilitas merefleksikan kinerja mereka sebagai pejabat publik. Mengingat, masyarakat tidak tahu kehidupan pribadi mereka. Jadi publik hanya bisa melihat menilai mereka dari aktifitasnya sebagai pejabat publik. 

"Elektabilitas Menteri Erick yang konsisten naik menunjukan konsistensi dan keseriusan beliau dalam bekerja. Tanpa beliau berupaya untuk mengambil kesempatan dari jabatan yang ia emban,"ungkap Leo.

Leo memperkirakan, elektabilitas Menteri Erick berpotensi terus meningkat menjelang Pilpres 2024. Baginya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan Menteri Erick agar elektabilitas dapat terus meningkat. 

"Pak Erick harus terus menunjukan secara konsistensi kinerjanya sebagai pejabat publik. Jik tidak menunjukan kinerjanya sebagai pejabat publik secara konsisten, maka elektabilitasnya bisa mengalami koreksi," tegasnya 

"Kemudian juga harus terus menjalin komunikasi yang baik dan menjaga jaringan yang ada. Saat ini beliau sangat bagus menjalin komunikasi dengan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Tak ketinggalan juga menjalin komunikasi dengan keluarga besar TNI dan Kapolri," tutup Leo.

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik : Tribun Mataraman

(Febrianto Ramadank/TribunMataraman.com)

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved