Berita Trenggalek

Bupati Trenggalek Mas Ipin Pacu Perekonomian Masyarakat Lewa Ternak di Pondok Pesantren

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin memacu pondok pesantren untuk bergeliat secara ekonomi melalui program ternak mondok memakmurkan.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: faridmukarrom
Aflahul Abidin
Bupati Trenggalek Pacu Ekonomi Pesantren Lewat Ternak Mondok 

Laporan Wartawan Tribun Mataraman Aflahul Abidin

TRIBUNMATARAMAN.COM | TRENGGALEK - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin memacu pondok pesantren untuk bergeliat secara ekonomi melalui program ternak mondok memakmurkan.

Lewat program itu, pemkab "menitipkan" hewan ternak berupa kambing dan sapi untuk dikembangkan di pondok-pondok pesantren.

Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu menjelaskan, kambing yang "dipondokkan" itu merupakan aset pemkab yang sebelumnya diternakkan oleh Dinas Peternakan.

"Daripada menjadi aset dinas namun tidak bergulir ke ekonomi, maka Dinas Peternakan memiliki inovasi. Aset dinas ini kemudian dititipkan ke pondok-pondok, agar kemudian pondok-pondok ini nanti bisa mengelola ini", kata Mas Ipin, Jumat (25/8/2022).

Hasil dari pengelolaan ternak itu, ujar Mas Ipin, dapat menjadi bagian dari ekonomi pesantren.

Apabila suatu pondok pesantren telah mampu mengelola peternakan dengan hasil maksimal, ternak awal yang sebelumnya dititipkan bisa ditulirkan ke pondok-pondok lain.

Baca juga: Ketua Dewan Kerajinan Nasional Trenggalek Ajak Galakkan Belanja Produk Lokal Demi Pulihkan Ekonomi

Baca juga: Ratusan Bonsai Menawan Bikin Pasar Pon Trenggalek Makin Cantik

"Jadi akan digulirkan terus dan terus dipantau oleh dinas," sambung dia.

Dengan demikian, Mas Ipin menggarisbawahi bahwa program ternak mondok itu bukan hibah.

"Jadi ini bentuknya bukan hibah atau bukan kita beri ke pondok tersebut, tetapi kita titipkan. Yang dulunya ada di kandangnya pemerintah, sekarang kita taruh, kita titipkan untuk mondok di pondok-pondok pesantren," ucapnya.

Mas Ipin juga berterima kasih kepada para pengasuh pondok pesantren yang menyambut baik program tersebut.

Selain itu, pihaknya juga memberikan beberapa bantuan mesin pemotong rumput untuk kelompok tani.

Dengan mesin, pihaknya berharap, para peternak bisa lebih mudah dalam menyiapkan pakan karena mereka bisa menyiapkan stok lewat cara fermentasi.

Plt Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek Nur Kholiq menjelaksan, program ternak mondok diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi pesantren.

"Pesantren dipilih karena memang ditujukan untuk meningkatkan perekonomian pesantren sekaligus dapat menjadi salah satu media pelatihan berwirausaha usaha bagi para santri," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved