Google Diblokir Kominfo

Tinggal Menghitung Hari, Google dan TikTok Terancam Diblokir Kominfo

Tinggal menghitung hari, Google dan sejumlah platform digital lainnya terancam diblokir oleh Kominfo RI mulai 20 Juli 2022

Penulis: eben haezer | Editor: eben haezer
ist
Ilustrasi. 

TRIBUNMATARAMAN.com - Google dan sejumlah platform digital lainnya terancam diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Pemblokiran ini bisa terjadi apabila platform-platform tersebut tak segera mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) hingga 20 Juli 2022.

Selain Google, platform lain yang juga terancam adalaha Instagram, TikTok, Twitter, Telegram, WhatsApp, dan Netflix.

Pemblokiran tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo nomor 5 tahun 2022 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik lingkup privat.

"Apabila PSE tidak melakukan pendaftaran sampai dengan batas akhir pada tanggal 20 Juli 2022, maka PSE yang tidak terdaftar tersebut merupakan PSE ilegal di wilayah yuridiksi Indonesia."

"Dan apabila dikategorikan ilegal bisa dilakukan pemblokiran," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, Senin (27/6/2022) sebagaimana dilansir Kompas.com.

Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi mengatakan, tujuan dari pendaftaran ke Kominfo ini adlaah untuk menjaga ruang digital di Indonesia dan untuk pengawasan.

Aturan ini juga bisa jadi alat untuk mengedukasi masyarakat dalam menggunakan ruang digital.

Bayangkan jika Indonesia tidak memiliki sistem pendaftaran, seluruh PSE beroperasi tanpa ada pengawasan, koordinasi, dan pencatatan. Efeknya, jika terjadi pelanggaran hukum di wilayah hukum Indonesia, kita akan kesulitan koordinasi dengan PSE," kata Dedy Permadi, dikutip dari Kompas Tv, Minggu (17/6/2022).

Kemudian, Direktur Jendral Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan juga mengungkapkan alasan pendaftaran PSE Lingkup Privat ini.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved