Breaking News:

Berita Trenggalek

Kawasan Dilem Trenggalek Jadi Incaran Kampus-kampus Terkemuka yang Ingin Buka Cabang

Setelah Universitas Negeri Malang, kini giliran Universitas Airlangga Surabaya yang tertarik membuka PSDKU atau buka cabang di Dilem Wilis Trenggalek

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
tribunmataraman/aflahul abidin
Rombongan Pemkab Trenggalek bersama rombongan dari Universitas Airlangga saat mengunjungi kawasan Dilem Wilis di Kabupaten Trenggalek 

TRIBUNMATARAMAN.com| TRENGGALEK – Beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur menyampaikan ketertarikan mereka untuk membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di kawasan Dilem Wilis, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek.

Dilem Wilis adalah area perkebunan kopi yang memiliki bangunan bekas pabrik kopi peninggalan Belanda, yang dilengkapi dengan pusat peternakan sapi perah.

Beberapa waktu lalu, Universitas Negeri Malang (UM) kepincut dengan kawasan tersebut hingga berencana mendirikan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di kawasan Dilem Wilis.

Kini, giliran Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) yang tersengsem dengan kawasan yang ada di pegunungan tersebut.

Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, Badri Munir Sukoco bersama para pejabat lembaga itu mengunjungi kawasan Dilem Wilis, Sabtu (9/10/2021).

Mereka didampingi Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan beberapa pejabat pemkab.

Sekolah pascasarjana Uniar membuka kemungkinan kerja sama lembaga perguruan tinggi itu dengan Pemkab Trenggalek untuk memanfaatkan Dilem Wilis sebagai sarana pembelajaran.

“Konsep-konsep yang selama ini biasanya kami diskusikan di kelas atau di media massa, mungkin bisa diterapkan di sini,” kata dia.

Menurutnya, langkah Pemkab Trenggalek untuk membangun kawasan Dilem Wilis menjadi ekosistem edukasi merupakan inovasi yang menarik.

“Kalau melihat dari potensi yang ada, tentu ekosistem ecotourism yang paling tepat yang bisa dibangun di sini. Ekosistem ini berarti tidak hanya orang-orang terampil keterlibatan dari pemda, tentu butuh investor, banyak hal yang bisa mendukung sehingga orang tertarik ke lembah Dilem Wilis Ini,” sambungnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved