Berita Nganjuk

Ingin Wujudkan Nganjuk Sebagai Sentra Pertanian, Pemkab Nganjuk Perbanyak Jumlah Lumbung Pangan

Pemkab Nganjuk terus memperbanyak jumlah lumbung pangan gabungan kelompok tani untuk wujudkan Nganjuk sebagai sentra pertanian. 

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/ahmad amru muiz
Ilustrasi - Panen raya bawang merah di Kabupaten Nganjuk 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Pemkab Nganjuk terus memperbanyak jumlah lumbung pangan gabungan kelompok tani (gapoktan).

Kamis (29/12/2022) Pemkab Nganjuk meresmikan lumbung pangan masyarakat Gapoktan di Desa Mlilir, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan,  kehadiran lumbung pangan tersebut sebagai bentuk komitmen dari perhatian Pemerintah Daerah kepada masyarakat.

Diharapkan, lumpung pangan itu dapat mendorong Kabupaten Nganjuk menjadi sentra pertanian.

“Bagaimanapun juga, Nganjuk akan terus kami perkuat di sektor pertanian," kata Marhaen Djumadi.

Dikatakan Marhaen Djumadi, saat ini pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Nganjuk bisa dikatakan baik.

Dengan pertumbuhan eknomi kurang lebih 6,1 persen dimana sektor pertanian menjadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Pertumbuhan itu dikarenakan sektor riil betul-betul digenjot. Termasuk dari sektor pertanian," ucap Marhaen Djumadi.

Marhaen Djumadi berharap dengan diresmikannya lumbung pangan masyarakat Gapoktan, Nganjuk bisa menjadi sentra pertanian yang didukung oleh semua masyarakat Nganjuk. Mulai dari Pemerintah Daerah, Petani, Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di Kabupaten Nganjuk.

"Dan harapannya lumbung pangan ini tidak sekedar diresmikan, tapi betul-betul berdaya. Maka harus dimanfaatkan betul-betul oleh Gapoktan," ujar Marhaen Djumadi.

Sementara Sekretaris DKPP Kabupaten Nganjuk, Nur Binti mengatakan, hingga kini  total ada tiga lumbung pangan masyarakat yang diresmikan. Yakni Lumbung pangan masyarakat (LPM) Gapoktan Tri Mulyo Tani Desa Mlilir Kecamatan Berbek, Gapoktan Ngudi Rejeki Desa Kendalrejo Kecamatan Bagor, dan Gapoktan Sri Sedono Desa Sekaran Kecamatan Loceret.

"Semoga dengan adanya peresmian lumbung padi beserta fasilitas perlengkapannya ini, bisa menampung dan membeli hasil panen petani dengan harga yang sesuai sehingga para petani mendapatkan keuntungan dari pertanian mereka," tutur Nur Binti.

(Achmad Amru Muiz/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer


Caption Foto: Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumad berikan paparan dalam peresmian lumbung pangan Gapoktan Desa Mlilir Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. (Ist)
 

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved