Berita Kediri

Pemkot Kediri Segera Mereplikasi E-Office Milik Pemkab Sumedang

Pemkot Kediri segera mereplikasi aplikasi E-Office milik Pemkab Sumedang dan diterapkan di lingkungan ASN Pemkot Kediri

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Pemkot Kediri mematangkan replikasi E-Office milik Pemkab Sumedang melalui pendampingan teknis di Ruang Kilisuci Balai Kota Kediri, Selasa (27/12/2022). 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Pemkot Kediri Menyelenggarakan Asistensi Pendampingan Teknis Operasional Aplikasi E-Office dan E-Office Desa di Ruang Kilisuci Balai Kota Kediri, Selasa (27/12/2022).

Kegiatan ini berlangsung 2 hari mulai kemarin (26/12/2022) untuk mematangkan replikasi E-Office milik Pemkab Sumedang yang rencananya mulai diterapkan untuk Aparatur Sipil Negara  (ASN) di Lingkungan Pemkot Kediri awal tahun 2023 mendatang.

Kegiatan ini menghadirkan Arief Syamsudin, Kepala Bidang Informatika Dinas Komunikasi dan Informasi, Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang yang memaparkan tentang SPBE dan Transformasi Digital.

Sekretaris Daerah Kota Kediri, Bagus Alit mengatakan, kegiatan ini sekaligus sebagai tindak lanjut penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan perjanjian kerjasama yang dilakukan Pemkot Kediri dan Pemkab Sumedang. 

Ada beberapa skala prioritas dalam aplikasi E-Office yang akan didahulukan seperti E-Kinerja, Sistem Merit dan Sakip. 

“Beberapa hari lalu kita berkunjung ke Kabupaten Sumedang untuk mereplikasi aplikasi E-Office, aplikasi tersebut sangat lengkap. Untuk mereplikasi, harus ada skala prioritas mana yang didahulukan,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, Apip Permana menjelaskan, sektor pelayanan publik akan berjalan lebih mudah apabila sistem tata kelola pemerintahan sudah berbasis elektronik. 

Menurut Apip, Kabupaten Sumedang memiliki E-office yang terintegrasi dengan bermacam aplikasi yang lebih makro dan komplit. 

“E-office adalah aplikasi besar dan banyak aplikasi yang saling terintegrasi. Sementara di kita yang menjadi skala prioritas ada 3 aplikasi yang kita harapkan di awal 2023 sudah bisa diimplementasikan dan digunakan. Ke depan kita akan terus berkolaborasi karena akan ada lagi prioritas lanjutan yang akan kita komunikasikan dengan Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Ketiga aplikasi yang menjadi skala prioritas memiliki keterkaitan satu sama lain dan dapat digunakan untuk menilai sejauh mana efektivitas dan kemampuan organisasi perangkat daerah serta bisa digunakan untuk mengetahui kinerja masing-masing ASN.

“Apa yang ada di Sumedang tidak serta merta diterapkan, namun harus diberikan pemahaman terlebih dulu sehingga dalam menerapkan aplikasi bisa lebih mantab. Mereka akan memberikan pengetahuan terkait teknis pengoperasionalan aplikasi kepada programmer yang ada di Kominfo dan beberapa OPD sehingga aplikasi itu bisa lebih cepat kita terapkan di sini,” ungkapnya.

Apip mewakili Pemkot Kediri menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sumedang yang telah bersedia memberikan ilmunya untuk diaplikasikan di Kota Kediri

Diharapkan Replikasi E-Office bisa segera diterapkan sehingga kinerja dan pelayanan di Pemerintah Kota Kediri bisa lebih baik, efisien, efektif serta data terkait OPD dan ASN bisa lebih akurat.

(didik mashudi/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved