Berita Kediri

Ribuan Warga Desa Kepung di Kediri Unjuk Rasa Menuntut Bu Kades Diturunkan, Ini Alasannya

Ribuan warga Desa Kepung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri menggelar unjuk rasa mendesak bu Kades mundur dari jabatannya.

Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/luthfi husnika
Warga Desa Kepung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri menggelar unjuk rasa menuntug bu Kades mundur dari jabatannya, Senin (19/9/2022) siang. 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Ribuan warga Desa Kepung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri menggeruduk balai desa setempat, Senin (19/9/2022) siang.

Warga tersebut tergabung dalam Aliansi Peduli Desa Kepung. Para warga menggelar aksi massa meminta kepala desa diturunkan. 

Warga yang berdatangan dengan menaiki tiga unit pikap beserta peralatan sound sistem dan poster bertuliskan seperti 'Mimpin Desa Kepung itu berat Bu Kades, Biar Kami Saja Yang Menggantikan'.

Khoiri yang merupakan koordinator aksi menyampaikan, ada ribuan warga yang berasal dari Desa/Kecamatan Kepung yang terdiri 11 dusun yang mengikuti demo di balai desa. 

Baca juga: Didemo Warga yang Ingin Dia Mundur, Begini Tanggapan Bu Kades Kepung di Kediri

Baca juga: Bupati Mas Dhito Turun Tangan Menemui Warga Desa Kepung yang Demo Menuntut Bu Kades Mundur

Masyarakat mengaku tidak puas dengan kepala desa yang semena-mena dan tidak transparan dalam menggeluarkan anggaran dana pendapatan desa. 

"Warga maupun tokoh masyarakat seperti RT ini tidak mengetahui lampiran pertanggung jawaban dari penggunaan anggaran desa," kata Khoiri.

Karena kejadian itu, masyarakat kemudian menggelar demo dan meminta untuk menurunkan kepala desa.

"Kami meminta transparansi tapi tidak dituruti. Banyak penyelewengan terkait penyalahgunaan anggaran dan pembagian bantuan yang tak tepat sasaran," papar Khoiri.

Menurutnya, bantuan yang seharusnya diberikan pada warga tak mampu terdampak Covid-19 justru dibagikan pada kader-kader kepala desa saja.

"Kami tidak takut mengungkap ini karena ada buktinya. Bahkan nominal yang diberikan pun berbeda-beda jumlahnya. Kami minta keadilan dan kepala desa turun dari jabatannya," pungkasnya.

(Luthfi Husnika/Tribunmataraman.com)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved