Berita Blitar

Setelah 3 Bulan Tutup Karena PMK, Pasar Hewan Dimoro Kota Blitar Akhirnya Dibuka Lagi

Setelah lebih dari 3 bulan tutup karena wabah Penyakit Mulut dan Kuku,

Penulis: Samsul Hadi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/samsul hadi
Suasana Pasar Sapi Dimoro Kota Blitar di hari pertama buka kembali setelah lebih tiga bulan ditutup dampak wabah PMK, Sabtu (17/9/2022).  

TRIBUNMATARAMAN.COM - Pemkot Blitar membuka kembali Pasar Sapi Dimoro mulai Sabtu (17/9/2022). 

Pasar Sapi Dimoro sempat ditutup selama lebih dari 3 bulan buntut  penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kota Blitar. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan pembukaan pasar sapi diperbolehkan lagi dengan syarat di antaranya kasus PMK di daerah tersebut sudah zero kasus. 

Lalu, sapi yang diperdagangkan dalam kondisi sehat dan sudah disuntik vaksin PMK. Terakhir, petugas tetap melaksanakan SOP pencegahan penularan PMK di pasar sapi. 

"Kota Blitar sudah zero kasus PMK. Kemudian data itu kami ajukan ke Wali Kota dan Satgas PMK untuk diadakan pembukaan kembali," ujarnya. 

Di masa uji coba pembukaan Pasar Sapi Dimoro ini, kata Hakim, hanya para pedagang dan peternak di wilayah Blitar Raya yang boleh berjualan.

"Sementara untuk peternak dan pedagang di Blitar Raya. Nanti, secara bertahap, sambil dilakukan evaluasi, akan kami buka kembali secara normal," katanya. 

Selain itu, menurutnya, pembukaan kembali Pasar Sapi Dimoro ini juga untuk menggerakkan ekonomi pasca kenaikan harga BBM. 

"Setelah lebih tiga bulan tutup, lalu ada kenaikan harga BBM, dan untuk mencegah kenaikan inflasi, kami buka kembali Pasar Sapi Dimoro supaya ekonomi masyarakat tetap jalan," ujarnya. 

Seperti diketahui, Pemkot Blitar mulai menutup Pasar Sapi Dimoro sejak 10 Juni 2022. Penutupan Pasar Sapi Dimoro sebagai upaya mencegah penularan wabah PMK di Kota Blitar.

(samsul hadi/tribunmataraman.com)  

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved