Berita Nganjuk

Kegiatan Bhakti Sosial, Dukcapil Nganjuk Gelar Layanan Jemput Bola Adminduk Disabilitas dan ODGJ

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nganjuk kembali lakukan program layanan jemput bola perekaman KTP El bagi disabilitas

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: faridmukarrom
Pemkab Nganjuk
Petugas Dukcapil Nganjuk saat melakukan perekaman KTP El bagi warga dalam program layanan jemput bola. 

TRIBUNMATARAMAN.COM | NGANJUK - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nganjuk kembali lakukan program layanan jemput bola perekaman KTP El bagi penyandang disabilitas dan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Hal itu selain bagian dari ralisasi visi dan misi, sekaligus dalam rangka bhakti sosial peringatan HUT RI ke 77.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Nganjuk, Gatut Sugiarto menjelaskan, langkah dilakukan Dukcapil tersebut bertujuan agar seluruh warga Indonesia khususnya di Kabupaten Nganjuk memiliki dokumen kependudukan. Kegiatan layanan jemput bola sendiri telah berlangsung mulai 25 Juli sampai 4 Agustus 2022.

"Belum semua Desa di Kabupaten Nganjuk yang kami kunjungi dalam rangka memberikan pelayanan jemput bola, namu setidaknya kegiatan tersebut memberi banyak manfaat bagi warga khususnya penyandang disabilitas dan ODGJ," kata Gatut Sugiarto, kemarin.

Rilis pemkab nganjuk
Petugas Dukcapil Nganjuk saat melakukan perekaman KTP El bagi warga dalam program layanan jemput bola.

Sementara Kepala Seksi Pendataan Penduduk Dinas Dukcapil Kabupaten Nganjuk, Rosy Wintarti menambahkan, dalam pelaksanaan tugas dilapangan tersebut pihaknya sedikit banyak menghadapi berbagai kendala dalam pelayanan Adminduk. Salah satunya adalah kendala jaringan. Namun hal tersebut tidak menurunkan semangat Dinas Dukcapil Nganjuk untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Kabupaten Nganjuk.

"Apalagil melihat antusiasme dari warga yang begitu besar, dimana sebelumnya kami menerima hanya 31 permohonan, pada hari terakhir pelaksanaan layanan jemput bola tercatat sekitar 40 perekaman KTP El bisa kami layani," kata Rosy Wintarti.

Dijelaskan Rosy Wintarti, dokumen kependudukan saat ini merupakan hal yang sangat penting. Karena dokumen kependudukan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dan fasilitas yang diperlukan oleh masyarakat. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Nganjuk yang belum memiliki dokumen kependudukan untuk segera melakukan kepengurusan ke Kantor Dinas Dukcapil atau melalui Aplikasi Sedudo yang dapat diunduh di Google Play Store.

"Kami juga meminta bantuan untuk yang mungkin keluarga, atau tetangganya dengan kondisi disabilitas ataupun ODGJ yang belum memiliki dokumen kependudukan mohon dibantu dilaporkan ke pihak desa/kecamatan untuk diteruskan ke Dinas Dukcapil sehingga bisa kami tindak lanjuti untuk bantu perekaman ke lokasi yang bersangkutan," tutur Rosy Wintarti.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved