Berita Nganjuk

Dukcapil Nganjuk Gelar Verifikasi Digital Data Kependudukan, Sasaran Pertamanya ASN

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nganjuk melakukan verifikasi data identitas kependudukan secara digital untuk ASN

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/ahmad amru muiz
Petugas Dinas Dukcapil Nganjuk melakukan verifikasi data kependudukan secara digital untuk ASN Pemkab Nganjuk. 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nganjuk melakukan verifikasi data identitas kependudukan secara digital untuk aparatur sipil negara (ASN).

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Nganjuk, Gatut Sugiarto menjelaskan, program Identitas Kependudukan Digital atau Digital ID merupakan inovasi dari Direktorat Jendral Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Dimana nantinya seluruh Warga Negara Indonesia dapat memilikinya melalui smartphone masing-masing.

Untuk pelaksanaan di Kabupaten Nganjuk, dikatakan Gatut Sugiarto, program tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai pada ASN, pelajar dan mahasiswa, serta selanjutnya pada masyarakat umum.

"Tahap awal kami jemput bola untuk Bapak Plt Bupati, Bapak Sekda, dan ASN di lingkup Asisten Administrasi Umum. Selanjutnya akan berlanjut ke OPD yang lain sehingga seluruh ASN dapat memiliki Digital ID," kata Gatut Sugiarto, Rabu (3/8/2022).

Pada era informasi dan teknologi yang semakin modern sekarang ini, menurut Gatut Sugiarto, identitas kependudukan digital akan menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena itu merupakan aplikasi yang terintegrasi dan memuat data KTP El, KK, Data Kepemilikan Kendaraan dan NPWP.

"Dengan begitu diharapkan nantinya transaksi-transaksi kedepan diharapkan bisa dilakukan dengan Digital ID ini. Kemudian untuk masyarakat yang belum memiliki smartphone masih dapat menggunakan KTP El dan KK untuk berbagai keperluan," tutur Gatut Sugiarto.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved