Berita Nganjuk

Kerajinan Logam Karya Pemuda Asal Nganjuk Dikenal Hingga Mancanegara

Di tangan Yoga Prasegi, pemuda asal Nganjuk, limbah logam diubah menjadi aneka kerajinan bernilai mahal yang diminati hingga mancanegara

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist
Yona Prasegi menunjukkan hiasan dinding hasil karya kerajinan logam yang diproduksi dan dikembangkanya dari bahan baku limbah logam. 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Tangan terampil Yona Prasegi, pemuda asal Desa Waung, Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk cukup membanggakan.

Di tangannya, limbah logam perak dan tembaga serta logam kuningan disulap jadi kerajinan logam bernilai tinggi yang digemari hingga Mancanegara. Mulai dari aksesoris motor custom, home deco, perhiasan, dan sebagainya.

Menurut Yoga Prasegi, banyaknya limbah logam mulai kaleng bekas minuman yang berserakan tidak berguna dan yang ada di sungai menjadi keprihatinannya. 

Demikian halnya dengan limbah kampas bekas rem sepeda motor, peleg bekas, dan barang bekas logam lain yang hanya ditumpuk di bengkel-bengkel, juga menjadi perhatiannya.

Kalaupun dijual secara kiloan, limbah logam itu tidak banyak memberikan nilai uang.

Karena itu, bersama rekan-rekannya, Yona Prasegi berdiskusi dan menginisiasi bagaimana limbah tersebut dijadikan produk bermanfaat dan bernilai tinggi.

"Kamipun berpikir, bagaimana membuat tren baru perhiasan yang bisa diaplikasikan di sepeda motor ataupun aksesoris rumahan serta perhiasan dengan mengadopsi perhiasan fashion orang," kata Yona Prasegi, kemarin.

Dari pemikiran tersebut, Yona Prasegi dapat menemukan ide kreatif membuat kerajinan logam dengan spesifikasi motor custom dan home decoration.

Melalui proses pemanfaatan limbah logam yang dilebur kemudian dicetak dengan menggunakan bahan cetakan pasir akhirnya terbentuk hasil kerajian logam bernilai tinggi.

Proses sederhana dalam pembuatan kerajinan logam tersebut dimulai dari membuat cetakan produk yang akan dihasilkan. Hasil cetakan itupun akan difinishing sesuai dengan model kerajian dari pemesan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved