Pilpres 2024

Rakerda PAN Kota Kediri Munculkan 5 Calon Presiden, Ada Nama Zulhas dan Khofifah

Rakerda I DPD PAN Kota Kediri menghasilkan 5 nama yang diusulkan menjadi Calon Presiden 2024. Dua di antaranya adalah Khofifah dan Zulkifli Hasan

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/didik mashudi
Rakerda I DPD PAN Kota Kediri "PAN Memilih 2024" berlangsung di Hotel Insumo, Kota Kediri, Rabu (29/6/2022). 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Kediri "PAN Memilih 2024" menghasilkan 5 nama yang diusulkan menjadi Calon Presiden 2024.

Lima nama tersebut adalah Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Anies Baswedan dan Panglima TNI Andika Perkasa. 

"Dari kader partai Ketua Umum PAN Bapak Zulkifli Hasan kami usulkan sebagai capres. Apalagi sekarang beliau berada di pemerintahan dan kader dari bawah mendorong untuk nyapres. Soal beliau berkenan atau tidak, kami kembalikan pada Pak Zulkifli Hasan", jelas Ketua DPD PAN Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Hotel Insumo Palace, Kota Kediri, Rabu (29/6/2022).

Sementara untuk Gubernur Khofifah Indar Parawansa, track recordnya selama memimpin Jawa Timur sudah menjadi bukti. 

"Beliau juga representasi perempuan dan yang penting beliau juga kader NU. Representasi perempuan ini penting agar distribusi kepemimpinan tidak hanya menjadi domain laki-laki, mereka juga punya hak untuk menjadi presiden," jelasnya.

Selain itu Khofifah juga sangat kuat di akar rumput NU, karena PAN partai yang terbuka bagi semua ormas, suku dan agama. 

"Saya menjadi Wali Kota Kediri dua periode juga banyak disumbang dari suara Nahdlatul Ulama, maka sudah wajar kami mengusulkan kader terbaiknya" tandasnya.

Mas Abu, sapaan akrab Abdullah Abu Bakar juga menjelaskan, usulannya murni dari mendengarkan akar rumput. Selain itu  memang ada hitungan matematis terkait keterwakilan unsur kader partai, intelektual atau profesional, dan TNI/POLRI. 

"Nama Menteri BUMN Erick Thohir juga sangat kuat diusulkan dari DPC-DPC, beliau ini kan satu kampung dengan ketua umum kami di Lampung. Tapi pertimbangannya bukan hanya karena itu, lebih pada penilaian kami Pak Erick Thohir orang profesional yang berhasil dalam bisnisnya juga dalam prestasinya selama menjabat Menteri BUMN", ungkapnya.

Sementara nama Anies Baswedan juga mendapat dukungan karena populer di arus bawah, dan Andika Perkasa melengkapi usulan calon presiden 2024 dari kalangan TNI/POLRI.

"Kelima nama ini dipilih bukan berdasarkan voting, jadi kami menampung aspirasi dan sifatnya diskusi. Hasil dari Rakerda I ini akan kami serahkan ke DPP PAN, nanti mereka yang akan memutuskan selanjutnya," jelasnya.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved