Berita Nganjuk

Disnaker Nganjuk Pantau Kepatuhan Perusahaan Membayar THR

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk mengimbau Perusahaan di Kabupaten Nganjuk untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) tepat waktu

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist
Ilustrasi uang 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Nganjuk mengimbau Perusahaan di Kabupaten Nganjuk untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan tepat waktu.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Tenaga Kerja (Menaker) No M/1/HK.04/IV/2022 tentang Pelaksanaan pemberian THR Keagamaan tahun  2022.

Kepala Disnaker Kabupaten Nganjuk, Supiyanto mengatakan THR keagamaan wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan/lebaran.

Untuk itu, dalam rangka memastikan pelaksanaan pembayaran THR keagamaan dapat berjalan dengan baik, pihaknya telah melaksanakan kegiatan monitoring penyaluran THR di beberapa perusahaan.

Antara lain pemantauan di PT Sukses Abadi Indonesia (SAI) Kecamatan Gondang, PT Gunawan Fajar dan CV Sinar Baja Elektrik IV di Kecamatan Lengkong dan lainya.

Dikatakan Supiyanto, pemberian THR keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh. THR diberikan penuh kepada seluruh pekerja maupun buruh dengan masa kerja minimal 1 bulan bekerja.

"Dengan rincian, misalnya hanya memiliki masa kerja 3 bulan. 3 bulan dibagi 12 bulan, selanjutnya dikalikan dengan gaji selama satu bulan. Itu THR yang didapat pekerja," kata Supiyanto, Rabu (13/4/2022)

Sementara Kabid Hubungan Industrial Disnaker Kabupaten Nganjuk, Suwanto mengatakan, untuk memastikan pembayaran THR perusahaan berjalan baik dan lancar, pihaknya meminta perusahaan untuk mengisi rencana pembayaran THR tahun 2022 melalui form yang sudah disediakan Disnkaer.

"Dan Perusahan juga dapat mengisi rencana pembayaran THR melalui https://s.id/THR2022DisnakerNganjuk,” kata Suwanto.

Selain itu, ditambahkan Suwanto, Disnaker juga membuka posko THR untuk mengantisipasi timbulnya keluhan dalam pembayaran THR Keagamaan di Kabuaten Nganjuk.

"Pekerja dapat mendatangi pokso THR yang berada di kantor Disnaker Kabupaten Nganjuk. Tepatnya di Jalan Dermojoyo No 45 Nganjuk apabila belum mendapat THR setelah batas waktu pemberian THR sesuai SE Menaker habis,” tutur Suwanto. (aru/Achmad Amru Muiz)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved