Jembatan Balun Ambles

Kendaraan Besar Terobos Rambu Lalu Lintas, Arak-arakan Ambulance Pengangkut Pasien Terjebak Macet

Para pengemudi mobil termasuk truk besar cenderung memilih jalan nasional yang melintasi Jembatan Balun yang ambles

Editor: faridmukarrom
Hanif Manshuri
Ambulance yang terjebak kemacetan dari arah barat jembatan Balun yang ambles, sebaliknya dari arah timur juga terjadi serupa, Kamis (31/3/2022) Hanif Manshuri 

Laporan Wartawan Hanif Manshuri

TRIBUNMATARAMAN.com l LAMONGAN - Para pengemudi mobil termasuk truk besar cenderung memilih jalan nasional yang melintasi Jembatan Balun yang ambles, untuk menuju Surabaya atau Tuban.

Akibatnya, kerap terjadi kemacetan dan penumpukan di jalan nasional, tepatnya di jalan Jaksa Agung Suprapto, dari jembatan Plalangan hingga jembatan Kaliotik.

Padahal, ada banyak rambu pengarah dan rambu pendahulu penunjuk jurusan (RPPJ) yang sudah dipasang oleh Dishub. Sementara petugas Satlantas yang di diterjunkan di mulut jembatan sisi barat dan timur disibukkan untuk mengatur arus kendaraan.

Baca juga: Ketua DPRD Jatim Sidak Lokasi Jembatan Balun Poros Nasional yang Ambles di Kabupaten Lamongan

Bahkan Kasat Lantas, AKP Aristianto Budi Sutrisno turun terjun ke jalan mengatur arus Lalin. Sebagian kendaraan yang menumpuk di mulut jembatan sebelah timur diarahkan masuk jalan Desa Balun - Tambakploso tembus jalan raya nasional Plosowahyu depan Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Baca juga: Jembatan Balun Lamongan Diperkirakan Mulai Bisa Digunakan H - 10 Sebelum Lebaran

"Mintalah kesadaran pengguna jalan untuk memanfaatkan jalan alternatif sesuai petunjuk polisi dan Dishub," kata Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Aristianto Budi Sutrisno kepada Surya.co.di lokasi jembatan Balun, Kamis (31/3/2022).

Ambulans yang Terjebak Macet
Ambulance yang terjebak kemacetan dari arah barat jembatan Balun yang ambles, sebaliknya dari arah timur juga terjadi serupa, Kamis (31/3/2022) Hanif Manshuri

Para pengemudi seharusnya bisa memanfaatkan rambu penunjuk yang ada di sejumlah titik di ruas jalan, baik dari timur maupun barat.

Sementara dari arah Tuban, bisa mengalihkan jalan Manunggal Tuban melewati jalan daendels menuju  Gresik dan Surabaya.

Sebaliknya dari arah timur, sudah bisa memisahkan mulai dari Gresik dari Terminal Bunder, Cerme, Benjeng, Balongpanggang temus Mantup, Lamongan, Sugio, Kedungpring hingga Babat.

Suasana perbaikan Jembatan Balun lamongan
Suasana perbaikan Jembatan Balun lamongan (Fatimatus Zahro)

Kenyataan di lapangan, masih banyak kendaraan besar, seperti truk trailer dan juga mobil pribadi yang cenderung memilih melintas di jalan nasional Lamongan-Babat.

Baca juga: Jembatan Balun Lamongan Diperkirakan Mulai Bisa Digunakan H - 10 Sebelum Lebaran

Akibatnya banyak terjadi kepadatan arus Lalin yang menyebabkan arus Lalin padat merayap. 

Naasnya, sejumlah ambulance mobil sehat dari beberapa desa yang sedang mengangkut pasien harus terjebak kemacetan.

Untungnya banyak pekerja di lokasi yang membantu mencarikan jalan mobil ambulance yang. Pekerja dari PLN dan Indihome yang sedang memasang instalasi di sekitar lokasi jembatan dengan sukarela membantu pengemudi ambulance.

Tepat di mulut jembatan sisi selatan, kendaraan dihentikan oleh para pekerja itu dan mendahulukan 3 mobil ambulance yang sirinenya meraung-raung sejak dari arah barat hingga lokasi kemacetan.

Seorang anggota Satlantas, Aipda Endra bahkan sempat terluka saat menghadang bus melintas. Jari jempol kanan Endra terluka lantaran terjepit badan bus.

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved