Breaking News:

Pendidikan

Empat Mahasiswa UM Surabaya Lulus Tanpa Skripsi, Kok Bisa?

Empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya dinyatakan lulus meski tanpa skripsi. Kok bisa?

Editor: eben haezer
ist
Mahasiswa UM Surabaya diwisuda meskipun tidak mengerjakan skripsi karena konversi jurnal yang mereka publikasikan sebagai pengganti skripsi. 

Reporter: Sulvi Sofiana

TRIBUNMATARAMAN.com | SURABAYA - Empat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya dinyatakan lulus meski tanpa skripsi. 

Mereka diwisuda bersama ribuan mahasiswa lainnya dalam Wisuda ke-47 UM Surabaya digelar mulai 20 hingga 22 November 2021 secara hybrid.   

Keempat mahasiswa tersebut adalah Riska Rahayu dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Cindi Novita dari FKIP , Rahman Timung dari Fakultas Hukum, dan Dian Lailatullaillah dari Fakultas Agama Islam. 

M Ridwan, Wakil Rektor 1 yang membidangi akademik menyampaikan, empat mahasiswa itu dinyatakan lulus meski tanpa skripsi karena telah menerbitkan jurnal ilmiah Sinta 3 dan book chapter.

Jurnal tersebut dikonversi dalam rangka penyetaraan jurnal ilmiah dengan skripsi.

“Upaya ini sebagai bentuk komitmen UM Surabaya bahwa UM Surabaya menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Keberadaan tugas akhir ini sangat bagus karena penelitian mahasiswa dapat teruji dengan baik. Oleh karenanya UM Surabaya mendorong mahasiswa untuk memproduksi jurnal sebanyak mungkin,”ujarnya.

Riska Rahayu salah satu mahasiswa yang lulus tanpa skripsi mengatakan bahwa pengerjaan jurnal yang ia buat melalui proses yang panjang, namun seru dan menyenangkan.

“Saya sendiri mengerjakan kurang lebih sekitar satu bulan, sementara proses publikasi dan verifikasi jurnal memakan waktu tiga bulan,"ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved