Breaking News:

Press Release

PPNS Gelar ToT Penggunaan Microsoft Project dan Pembuatan RAB Konstruksi Kapal Bagi Guru SMK

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat PPNS mengajari para guru SMKN 3 Buduran, Sidoarjo agar menguasai aplikasi Microsoft Project.

Editor: eben haezer
ist/tim PKM PPNS Surabaya
Pelaksanaan ToT Microsoft Project untuk para guru di SMKN 3 Buduran, Sidoarjo 

TRIBUNMATARAMAN.com | Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) memberikan transfer knowledge berupa Training of Trainer (ToT) Penggunaan Microsoft Project dan Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Konstruksi Kapal Bagi Guru SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo.

Tim tersebut terdiri dari Benedicta, Widya Emilia, Kiki Dwi, Mahasin Maulana, Pranowo Sidi, Maulana dan Hamid.

Kegiatan itu mereka gelar pada akhir Agustus 2021 lalu. 

“Sebagian besar guru belum bisa menggunakan microsoft project dan pengaplikasiannya dalam RAB pada suatu proyek. Sehingga berdampak pula bagi siswa dikarenakan gurunya belum bisa transfer knowledge secara optimal terkait penggunaan software tersebut dan pengaplikasiaanya dalam membuat RAB,” ungkap Widya.

Microsoft project sendiri adalah media untuk membuat schedule pengerjaan proyek berdasar data dari RAB dan gambar kerja yang umum digunakan dalam sebuah industri.

Dalam industri perkapalan, Microsoft Project penting untuk pengaturan hari kerja, jam kerja, jumlah pekerja, pembatasan pekerjaan, pembagian tugas, grafik dan pembuatan laporan.

Dengan memanfaatkan hal tersebut, pekerjaan suatu proyek pembangunan kapal akan berlangsung dengan efisien.

“ToT ini sangat dibutuhkan oleh Sekolah khususnya SMKN 3 Buduran, yang notabene adalah lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan, yang harus mampu menghasilkan tenaga kerja kompeten tingkat menengah yang siap bekerja untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha atau industri Perkapalan, untuk itu diperlukan peningkatan kompetensi SDM, terlebih bagi Guru sehingga bisa transfer knowledge ke siswa didiknya,” ungkap Benedicta.

Terlaksananya kegiatan ToT microsoft project dan pembuatan RAB secara intensif kepada para guru dan siswa diharapkan mampu memberikan pemahaman terkait ruang lingkup manajemen proyek dan aktivitas yang terjadi.

Selain itu, dengan kemampuan tersebut, guru dan siswa juga diharapkan dapat membuat penjadwalan proyek dan pengalokasian sumberdaya, membuat baseline/target plan sebuah proyek, melakukan updating dan mempercepat sebuah proyek serta memahami pengelolaan proyek khususnya dalam proyek pembangunan kapal.

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved