Breaking News:

Berita Trenggalek

Gelontorkan Rp 3 Miliar untuk Peningkatan Sambungan Rumah Air Bersih PDAM di Trenggalek

PDAM Tirta Wening di Kabupaten Trenggalek akan mendapat penyertaan modal Rp 3 miliar untuk meningkatkan jumlah warga yang mendapatkan akses air bersih

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
tribunmataraman/aflahul abidin
Sejumlah perempuan di Trenggalek mengambil air dari sumber mata air 

TRIBUNMATARAMAN.com | TRENGGALEK – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Wening, Kabupaten Trenggalak akan mendapat suntikan dana senilai Rp 3 miliar.

Dana tersebut untuk meningkatkan sambungan air bersih ke rumah-rumah warga secara masif.

Suntikan dana diberikan dalam bentuk penyertaan modal.

Rencana penggelontoran anggaran tersebut dibahas dalam rapat antara pemerintah dan DPRD Kabupaten Trenggalek, Senin (11/10/2021).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, Doding Rahmadi mengatakan, dengan penyertaan modal Rp 3 miliar, pihaknya berharap 80 persen warga Trenggalek akan tersambung dengan askes air bersih dari PDAM.

“Untuk saat ini, sambungan air minum di Trenggalek masih 16 persen (dari sekitar 700 ribu penduduk Trenggalek),” kata Doding, usia rapat yang membahas soal rancangan peraturan daerah tentang penambahan penyertaan modal itu.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, akan banyak dampak positif yang didapat apabila semakin banyak warga Trenggalek tersambung dengan akses air bersih dari PDAM.

Selain untuk kesejahteraan masyarakat, tingginya sambungan air bersih juga bisa meningkatkan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) dari Perumda Tirta Wening.

“Sehingga uang yang ada itu bisa dimaksimalkan untuk sambungan air untuk masyarakat Trenggalek,” sambung Doding.

Doding mengakui, proses penyaluran air bersih dari PDAM ke warga di Kabupaten Trenggalek lebih sulit ketimbang daerah-daerah lain. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved