Breaking News:

Berita Kediri

Waka Polsek Puncu Kediri Bantu Penanganan Covid-19 dengan Donor Plasma Konvalesen

Wakapolsek Puncu, Polres Kediri, Iptu Barkah, melakukan donor plasma konvalesen di PMI Kabupaten Kediri. 

tribunmataraman/farid mukarrom
Wakapolsek Puncu, Iptu Barkah, saat melakukan donor plasma konvalesen di PMI Kediri 

TRIBUNMATARAMAN.com | KEDIRI - Wakapolsek Puncu, Polres Kediri, Iptu Barkah, melakukan donor plasma konvalesen di PMI Kabupaten Kediri. 

Kegiatan yang dilakukan Iptu Barkah merupakan inisiatif dirinya sendiri.

Dia menganggap, karena darah plasma konvalesen dari penyintas COVID-19 sangat berguna pasien lain yang terinfeksi virus Corona atau dalam proses penyembuhan.

"Ini murni untuk kemanusiaan. Semoga langkah ini dapat ditiru mereka yang pernah positif Covid-19 dan sembuh. Sehingga dapat berguna untuk orang lain yang membutuhkan," ungkap Iptu Barkah.

Iptu Barkah berharap kepada masyarakat atau pihak lainnya agar tergerak untuk saling membantu penanganan konflik dengan mendonorkan plasma konvalesen.

"Mari kita bersama-sama yang pernah terpapar Covid-19 agar mau mendonorkan Plasma konvalensennya. Karena itu sangat membantu menyembuhkan pasien yang terpapar Covid-19," jelasnya.

Seperti yang diketahui sebelumnya plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh. Plasma itu kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi.

Untuk mengikuti donor plasma, pada tahap awal mereka harus mengikuti screening kelayakan darah plasma. Diperiksa tensi, pemeriksaan dalam, serta mendapat assessment dokter dulu.

Penulis: Farid Mukarom
Editor: eben haezer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved