Breaking News:

Berita Kediri

Warga Binaan Lapas Kediri Sulap Limbah Kayu dan Batok Kelapa Menjadi Kerajinan Unik

warga binaan Lapas Kelas II A Kediri memanfaatkan waktunya selama di Lapas untuk mengolah limbah kayu dan batok kelapa menjadi aneka kerajinan menarik

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
ist
Kakanwil Kemenkum HAM Jatim Imam Jauhari sewaktu melihat gerai pernak pernik kerajinan buatan warga binaan Lapas Kelas IIA Kediri, Rabu (19/1/2023) 

TRIBUNMATARAMAN.COM - David Alfian Pamungkas, warga binaan Lapas Kelas II A Kediri memanfaatkan waktunya selama di Lapas untuk mengolah limbah kayu dan batok kelapa menjadi aneka kerajinan menarik. 

Upaya serta produk buatannya itu mendapatkan apresiasi apresiasi dari Kakanwil Kemenkum HAM Jatim, Imam Jauhari, Rabu (18/1/2023).

Sebenarnya ada dua rekan David lainnya yang biasa membuat kerajinan dari bahan limbah kayu dan batok kelapa. Namun kedua rekannya telah bebas.

David membuat miniatur barongan, hiasan gelas dan gayung dari batok kelapa, miniatur mobil, miniatur perahu layar,  miniatur helikopter, hiasan lukisan dari kayu talenan, tempat tisu dan sutil hias.

Pernak pernik kerajinan tangan dari bahan limbah itu kemudian diberi label Sae Lakuli.

Hasil kerajinan tangan ini tergolong murah, seperti miniatur mobil, helikopter dan perahu dijual Rp 45.000. Sedangkan kerajinan lainnya dijual bervariasi mulai Rp 12.000 sampai Rp 80.000.

Pembuatan kerajinan itu dilakukan David setiap hari sekaligus untuk mengisi kesibukan selama menjalani masa hukuman.

Barang kerajinan itu juga ditawarkan kepada pengunjung Lapas Kelas II A yang berkunjung membesuk kerabatnya. Uang hasil penjualan bakal masuk ke tabungannya.

David menjelaskan awal mula menekuni pernak pernik kerajinan dari pembimbing petugas Lapas Kelas II A Kediri.

"Awalnya kami latihan melukis sendiri," jelasnya.

Sesuai rencana, gerai pernak-pernik kerajinan akan dipajang di depan Lapas Jl Jaksa Agung Suprapto Kota Kediri. Pengunjung dan warga yang melintas bisa melihat hasil kerajinannya.

David mengaku bersyukur mendapatkan pelatihan ketrampilan membuat pernak pernik kerajinan sehingga menjadi bekal setelah bebas. 

"Saya akan teruskan membuat kerajinan setelah kembali ke rumah," ungkap warga Desa Bangsongan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri.

Kakanwil Kemenkum HAM Jatim, Imam Jauhari memberikan apresiasi Lapas Kelas II A Kediri telah berhasil membuat program kemandirian bagi warga binaan.

Halaman
12

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved