Berita Blitar

Pengendara Wajib Tahu! Ini Daftar 3 Titik Rawan Macet Area Blitar-Kediri Saat Malam Tahun Baru

Satlantas Polres Blitar Kota meminta masyarakat mewaspadai tiga daftar titik rawan macet di jalur Blitar-Kediri saat libur panjang Natal 2022

Penulis: Samsul Hadi | Editor: faridmukarrom
Samsul Hadi
Kondisi kendaraan di simpang empat Jl Tanjung, Kota Blitar, Senin (26/12/2022) 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Satlantas Polres Blitar Kota meminta masyarakat mewaspadai tiga daftar titik rawan macet di jalur Blitar-Kediri saat libur panjang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). 

Informasi 3 titik macet ini sangat penting bagi anda pemudik yang ingin lewati jalan di area Kota Blitar.

Sementara itu tiga titik rawan macet di jalur Blitar-Kediri, yaitu, di simpang empat Jl Tanjung Kota Blitar, simpang tiga Kalipucung atau batas kota, dan di Tugurante masuk wilayah Ponggok Kabupaten Blitar.

"Tiga titik itu rawan terjadi macet saat libur panjang hari besar, karena masuk jalur utama dari Blitar ke Kediri maupun ke Tulungagung," kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Mulya Sugiharto, Senin (26/12/2022). 

Baca juga: Ada Perayaan Natal dan Tahun Baru Okupansi Hotel di Blitar Justru Relatif Normal

Untuk mengantisipasi kemacetan, Satlantas mendirikan pos pantau di simpang tiga Kalipucung dan di Tugurante. 

Satlantas menyiagakan personel di pos pantau untuk mengurai kendaraan jika terjadi kemacetan di lokasi.

"Di Tugurante ini menjadi pertemuan kendaraan dari arah Kediri dan Tulungagung yang hendak ke Blitar. Makanya sering terjadi kemacetan. Apalagi ketika pagi, karena di lokasi juga ada pasar," ujar Mulya.

Satlantas juga menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan kendaraan di lokasi saat libur Natal dan Tahun Baru.

Misalnya, petugas akan memasang garis lurus di tengah jalan di Tugurante apabila terjadi kepadatan kendaraan. 

Kendaraan dari Blitar yang hendak ke Tulungagung diarahkan lewat Wonodadi. 

"Rekayasa lalu lintas kami lakukan secara situasional. Kalau ada penumpukan kendaraan, kendaraan kami alihkan. Kalau kondisi sudah normal, kami buka lagi," katanya. 

Hal sama juga dilakukan di simpang empat Jl Tanjung Kota Blitar. Petugas juga akan memasang garis lurus di simpang empat Jl Tanjung bila terjadi kepadatan kendaraan. 

Saat terjadi kemacetan, simpang empat Jl Tanjung hanya untuk kendaraan dari timur ke barat dan sebaliknya. Sedang kendaraan dari utara ke selatan dan sebaliknya harus putar balik. 

"Jika terjadi kemacetan di simpang empat Jl Tanjung, kami akan pasang garis lurus di lokasi. Kendaraan dari utara ke selatan dan sebaliknya tidak bisa langsung, harus putar balik. Traffic light juga kami matikan," ujarnya. 

Mulya memperkirakan, kepadatan kendaraan di jalur Blitar-Kediri akan meningkat pada akhir pekan ini. Karena, banyak warga yang akan berlibur ke tempat wisata pada akhir pekan ini. 

"Kalau sekarang kondisi kendaraan masih ramai lancar. Kondisi ramai biasanya terjadi pada siang dan sore," katanya.

Dapatkan berita menarik lainnya di Google News, Klik Tribun Mataraman

(Samsul Hadi/ tribunmataraman.com)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved