Press Release

Ratu Maxima Mengapresiasi Program Kartu Prakerja Dari Pemerintah Indonesia

Ratu Belanda, Ratu Maxima mengapresiasi program Kartu Prakerja saat memberikan sambutan di hari kedua B20 Summit Indonesia 2022

Penulis: eben haezer | Editor: eben haezer
ist
Ratu Maxima saat memberikan sambutan secara virtual dalam pertemuan B20 Summit Indonesia 2022 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Inklusi Keuangan, Ratu Máxima Zorreguieta Cerruti, Permaisuri Raja Willem Alexander dari Kerajaan Belanda, mengapresiasi program Kartu Prakerja sebagai program yang mampu menggerakkan inklusi keuangan.

Ratu Maxima menyampaikan hal tersebut dalam sambutan secara virtual pada hari kedua B20 Summit Indonesia 2022, kemarin (14/11/2022).

Dalam kalimat pembuka di sesi “Enabling Digital Transformation to Promote Financial Inclusion,” Ratu Maxima menyatakan, saat ini 76 persen orang dewasa dunia sudah tersentuh inklusi keuangan.

Penggunaan pembayaran digital menjadi krusial dalam memberikan bantuan sosial selama pandemi COVID-19.

“Dari Jakarta hingga Afrika Timur, jutaan pedagang kecil saat ini melakukan transaksi keuangan melalui gawai pribadi mereka, mengubah kemampuan mereka dalam berinvestasi untuk masa depan yang lebih sejahtera,” katanya seperti dikutip dari press release yang diterima redaksi. 

Ratu Maxima mengapresiasi Indonesia lewat Program Kartu Prakerja yang mengedepankan kemitraan dengan lembaga pelatihan, e-marketplace, portal kerja dan teknologi finansial untuk melayani jutaan warga.

Sebagai informasi, per November 2022, Kartu Prakerja telah memberi manfaat bagi 16.4 juta warga di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Kartu Prakerja berhasil meningkatkan skill, meningkatkan kewirausahaan, atau mencari pekerjaan, sekaligus memberi bantuan sosial langsung via smartphone mereka,” kata Ratu Máxima.

Selain Indonesia, Ratu Maxima juga memberi perhatian positif pada pemerintah Brasil, India, dan negara-negara kecil seperti Peru serta Estonia yang terus berupaya meningkatkan inklusi keuangan dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19 melalui platform digital, dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Langkah ini membuat masyarakat yang rentan memiliki akses ke layanan keuangan sehingga mendorong inklusi finansial untuk seluruh lapisan masyarakat,” urainya.

Ia berharap peningkatan akses ini dibarengi dengan menggencarkan edukasi dan tata kelola data bagi warga kurang mampu agar dapat memaksimalkan manfaat dari layanan keuangan digital.

“Keamanan siber, perlindungan konsumen, tata kelola data, dan literasi digital membantu komunitas yang terpinggirkan menggunakan layanan ini dengan baik,” kata Ratu Maxima.

Ratu Maxima juga mengapresiasi platform India Stack yang menggabungkan nomor induk kependudukan, payment interface, dan akun agregator dalam satu platform yang mudah diakses. Ratu Maxima mengingatkan, penggunaan layanan keuangan digital harus didukung dengan literasi digital yang masif, peningkatan keamanan data pribadi, serta infrastrukturnya.

“Hal ini penting untuk memastikan masyarakat tidak dirugikan dari maraknya kejahatan siber,” katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved