Berita Nganjuk

Wujudkan Zero Knalpot Brong, Satlantas Polres Nganjuk Gandeng Kades dan Komunitas Motor

Wujudkan zero knalpot brong, Satlantas Polres Nganjuk menggandeng komunitas motor dan Kepala Desa di Kabupaten Nganjuk.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist
Aneka jenis knalpot brong yang telah disita satlantas Polres Nganjuk dari para pengendara motor. 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Wujudkan zero knalpot brong, Satlantas Polres Nganjuk menggandeng komunitas motor dan Kepala Desa di Kabupaten Nganjuk

Kasatlantas Polres Nganjuk, AKP Indra Budi Wibowo menjelaskan, dengan adanya kerjasama dengan sejumlah komunitas sepeda motor dan Kepala Desa diharapkan keresahan warga akibat maraknya penggunaan motor dengan knalpot brong bisa ditekan secara maksimal.

"Program ini telah dicanangkan Bapak Kapolres Nganjuk untuk bebas dari knalpot brong. Dan ini juga tak lepas dari banyaknya laporan warga yang mengeluhkan penggunaan knalpot brong tersebut," kata Indra Budi Wibowo didampingi Kasi Humas Polres Nganjuk, Iptu Supriyanto, Rabu (1/6/2022).

Dijelaskan Idra Budi, selama beberapa waktu belakangan, semakin banyak saja laporan yang diterimanya lewat program  "Wayahe Lapor Kapolres" terkait keluhan atas penggunaan knalpot brong oleh pengandara motor di Nganjuk.

Karenanya, program Zero knalpot brong tersebut menjadi prioritas utama demi memberi kenyamanan bagi warga.
 
"Program tersebut sebenarnya sudah mulai kami intensifkan. Sepanjang bulan Mei 2022 kami mengamankan sebanyak 168 barang bukti knalpot brong dari sejumlah penindakan di berbagai wilayah Kabupaten Nganjuk," ucap Indra Budi.  

Dan prioritas penindakan knalpot brong itu, menurut Indra Budi, dilakukan atas pertimbangan sejumlah faktor. Selain melanggar aturan mengenai tingkat kebisingan knalpot motor yang berdampak pada kenyamanan warga, juga knalpot brong berpotensi menimbulkan gesekan antar-kelompok.

"Suara keras dari knalpot brong, terutama ketika digeber oleh pengendara bisa saja menimbulkan kesalah pahaman sebagai bentuk provokasi bagi orang atau kelompok lain. Karenanya, knalpot brong menjadi salah satu prioritas kami ke depan demi menjaga suasana kondusif di Kabupaten Nganjuk," ujar Indra Budi.

Hanya, tambah Indra Budi, atas perintah Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson Situmorang, program penertiban knalpot brong di Kabupaten Nganjuk tetap lebih mengedepankan langkah preemtif dan preventif. Penindakan pelanggaran sebagai upaya represif sebagai langkah terakhir.

Oleh karena itu Polres Nganjuk siap menggandeng sejumlah pihak untuk membangun kesadaran pengendara motor agar tidak lagi memakai knalpot brong. Diantaranya para Kepala desa dan pihak lain untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak memakai knalpot brong.

"Kami juga akan masuk ke toko-toko penjual knalpot brong dan komunitas kendaraan yang menggunakan knalpot brong untuk bersama-sama mewujudkan harapan Nganjuk bebas dari kebisingan akibat knalpot brong," tutur Indra Budi.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved