Berita Nganjuk

Pemkab Nganjuk Kembali Mengoperasikan Bus Sekolah Gratis

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk kembali mengoperasikan Bus Sekolah Gratis. Ortu diimbau melarang anaknya kendarai motor

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist/facebook info seputar nganjuk
Bus sekolah gratis yang disediakan Pemkab Nganjuk 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk kembali mengoperasikan Bus Sekolah Gratis.

Bus sekolah gratis itu sempat dihentikan operasionalnya akibat pandemi covid-19 yang memaksa kegiatan belajar mengajar di sekolah terhenti. 

Sekretaris Dishub Kabupaten Nganjuk, Sujito menjelaskan, seiring dengan dioperasionalkanya kembali bus sekolah tersebut, Dishub Nganjuk juga memberikan pelayanan angkutan khusus kepada pelajar penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus).

"Untuk itu, kami berikan layanan khusus untuk anak disabilitas yang dilakukan secara door to door dan tentu semuanya gratis," kata Sujito.

Dengan beroperasinya kembali bus sekolah gratis, Sujito mengimbau kepada para orang tua agar tidak mengizinkan anaknya yang masih di bawah umur untuk mengendarai kendaraan bermotor.

"Silakan manfaatkan angkutan Bus Sekolah yang telah disediakan Pemkab Nganjuk," ucap Sujito.

Sementara Kepala Bidang Angkutan Dishub Nganjuk, Makrus menambahkan, saat ini ada tiga armada angkutan untuk melayani pelajar Nganjuk. Yaitu dua mikro bus dan satu mini bus, namun kini baru beroperasi satu armada.

"Saat ini kami telah membuka kembali layanan angkutan sekolah yang sudah dilakukan dari Krida Utama 2. Yakni dari Loceret sampai dengan Sawahan, dan kita lakukan pendekatan dari rumah-kerumah anak-anak pelajar," kata Makrus.

Menurut Makrus, bus Sekolah setiap pagi akan melakukan penjemputan sampai ke sekolah dan penjemputan sampai ke rumah.

Kemudian ada titik kumpul yang telah disepakati untuk melakukan penjemputan dengan memperhatikan faktor keselamatan.

Pihaknya akan melakukan pendataan ulang dari sekolah-sekolah untuk dilakukan kajian kembali tentang rute-rute penjemputan dan beberapa hal lainnya.

"Rute mana yang akan dilalui oleh bus sekolah akan dilakukan kajian ulang. Dan semoga secepatnya bisa berjalan lagi dan bisa melayani para pelajar di Kabupaten Nganjuk," tambah Makrus.

Dishub Nganjuk, imbuh Makrus, tetap berharap dukungan Pemerintah Daerah dan peran serta orang tua untuk program angkutan sekolah gratis tersebut. Karena hal itu bertujuan untuk menjamin keselamatan dan menekan angka kecelakaan di tingkat pelajar.

"Itu semua tentu untuk menjaga aset kita yaitu pelajar sebagai generasi penerus bangsa," tutur Makrus. 


Caption Foto: Salah satu bus sekolah gratis yang diperuntukkan untuk antar dan jemput para pelajar di Kabupaten Nganjuk. (ist)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved