Tunjungan Plaza Terbakar

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Segera Bangun Kembali Tunjungan Plaza Usai Terjadi Kebakaran Hebat

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menegaskan pembangunan Pasar Tunjungan Surabaya menjadi prioritas pihaknya.

Editor: faridmukarrom
ist
Kebakaran di Tunjungan Plaza, Surabaya, Rabu (13/4/2022) sore 

Laporan Wartawan Bobby Koloway

TRIBUNMATARAMAN.com | SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menegaskan pembangunan Pasar Tunjungan Surabaya menjadi prioritas pihaknya.

Direncanakan menurut Eri Cahyadi pihaknya tak hanya mengandalkan APBD, melainkan juga mencari investor. 

"Bagi investor yang ingin masuk (menanamkan modal), kami undang. Termasuk, dalam pengembangan Pasar Tunjungan yang kini mangkrak," kata Cak Eri, Rabu (13/4/2022). 


Nantinya keberadaan Pasar Tunjungan akan sekaligus menghidupkan pelaku UMKM, khususnya pedagang di tempat ini. "Ketika investor masuk, investasi jalan, maka kami syaratkan harus menggunakan dan menjual produk UMKM," katanya. 

Dalam masa pemerintahannya, revitalisasi Pasar Tunjungan diprioritaskan segera dikerjakan. Bahkan, ini akan menjadi salah satu fokus dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Surabaya periode 2021-2026.

Asap Hitam masih muncul saat petugas berjibaku lebih dari dua jam melawan kobaran api di Tunjungan Plaza 5 Surabaya.
Asap Hitam masih muncul saat petugas berjibaku lebih dari dua jam melawan kobaran api di Tunjungan Plaza 5 Surabaya. (Luhur Pambudi)

Anggota Komisi B DPRD Surabaya Alfian Limardi mendukung rencana Cak Eri. Menurut politisi PSI ini, keterlibatan investor akan meringankan beban APBD. 

Yang mana, ia menduga biaya revitalisasi membutuhkan anggaran cukup besar. "Kalau dilihat dari kondisinya saat kami sidak ke sana, atapnya sudah banyak yang berlobang," katanya. 

"Lubangnya nggak karuan. Lantai 2 dan 3 sudah bocor. Tumbuh tanaman di dalam, akarnya sudah menjalar di lantai hingga langit-langit," katanya. 

Untuk sejumlah spot, pihaknya menilai perlu adanya pembangunan ulang. "Kalau seperti itu bisa jadi bukan renovasi, tapi bangun ulang," katanya. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved