Berita Nganjuk

Pemkab Nganjuk Lestarikan Seni Budaya Gobak Sodor Sebagai Olah Raga Tradisional, Berhadiah Uang

Untuk lombanya yakni ada empat jenis yang dilombakan, yaitu lomba egrang, dagongan, lomba gobak sodor dan bakiak/terompah

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Anas Miftakhudin
Amru muiz
Kegiatan lomba olah raga tradisional yang digelar Pemkab Nganjuk dengan peserta para ASN di alun-alun Nganjuk. 

TRIBUNMATARAMAN.COM I NGANJUK - Pemkab Nganjuk menggelar Olahraga tradisional asli lokal Kabupaten Nganjuk.

Itu dilakukan dalam rangka melestarikan olah raga dan budaya tradisional yang ada di Kabupaten Nganjuk, sehingga tetap bisa diketahui dan dimainkan kemudian hari.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan pelestarian olahraga tradisional tersebut.

Dengan harapan agar warisan leluhur itu tetap terjaga dan terawat dengan sebaik-baiknya.

"Kami selaku pemerintah daerah sangat bangga dan berbahagia kegiatan seperti itu dapat terus dilaksanakan. Semoga kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka melestarikan olahraga budaya tradisional,” kata Marhaen Djumadi, Selasa (15/3/2022).

Dijelaskan Marhaen Djumadi, lomba tradisional lokal Nganjuk merupakan gagasan Disporabudpar Kabupaten Nganjuk.

Lomba tersebut melibatkan berbagai elemen sebagai peserta. Seperti pelajar, hingga seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Nganjuk.

Karena melibatkan unsur pegawai sebagai peserta lomba, ungkap Marhaen Djumadi,  ajang tersebut sekaligus juga sebagai sarana menjalin silaturahmi antar pegawai.

"Ini menjadi momen untuk membangkitkan semangat kita, yakni melalui olahraga tradisional,“ ujar Marhaen Djumadi.

Diakui Marhaen Djumadi, lomba tersebut dinilai pas dan sesuai. Ini dikarenakan juga bertujuan untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Nganjuk di tengah pandemi COVID-19.

Ada sekitar 900 orang yang berpartisipasi dalam lomba tradisional tersebut. Mereka terdiri dari pegawai kantor, badan dan OPD se-Kabupaten Nganjuk untuk memperebutkan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan.

"Untuk lombanya yakni ada empat jenis yang dilombakan, yaitu lomba egrang, dagongan, lomba gobak sodor dan bakiak/terompah," tutur Marhaen Djumadi.

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved