Berota Nganjuk

Pemkab Nganjuk Pasang Target Raih APE Kategori Utama, Kini Sinergikan OPD Untuk Optimalisasi

Sekretaris Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk, Sri Soebekti mengatakan, komitmen Pemkab Nganjuk melewati tujuh prasyarat PUG.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Anas Miftakhudin
Amru muiz
Rakor perwakilan OPD dan Kecamatan dalam rangka persiapan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya target dapatkan kategori utama tahun 2022. 

TRIBUNMATARAMAN.COM I NGANJUK - Pemkab Nganjuk menargetkan mendapat Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori utama.

Kini Pemkab Nganjuk mulai mengoptimalisasi sinergitas semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ini dilakukan dengan cara menggelar rapat koordinasi Pengarus Utamaan Gender (PUG) bersama perwakilan OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Nganjuk.

Ketua Pokja PUG Kabupaten Nganjuk, Suharono menjelaskan, Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat sebagai pengakuan atas komitmen, upaya dan prestasi lembaga serta Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota atas pelaksanaan pembangunan yang menjamin kesetaraan dan keadilan gender.

Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil yang dicapai bagi semua penduduk, laki-laki dan perempuan, melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

"Kita semua harus semangat menyiapkan program–program yang harus mengarah ke PUG dan mengoptimalkan anggaran terkait kegiatan–kegiatan yang mengarah PUG," kata Suharsono yang juga Kepala Bappeda Kabupaten Nganjuk, kemarin.

Suharono mengharapkan agar semua OPD bersinergi agar Pemkab Nganjuk mencapai predikat Utama atau Mentor pada tahun ini.

Dengan demikian, secara bersama-sama semuanya harus berkomitmen mensukseskan dengan persiapan yang matang, sebagai bukti Pemkab Nganjuk serius berupaya kalau tidak ada kesenjangan gender.

"Semua memiliki kesempatan yang sama mendapatkan akses sumber daya pembangunan dan peluang yang sama dalam mengendalikan sumber daya pembangunan," ucap Suharono.

Sementara Sekretaris Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk, Sri Soebekti mengatakan, komitmen Pemkab Nganjuk melewati tujuh prasyarat PUG.

Yaitu komitmen lewat adanya peraturan daerah, kebijakan operasional atau teknis, terbentuknya kelompok kerja, focal point dan tim teknis, ketersediaan sumber daya manusia, dana serta sarana dan prasarana, adanya profil gender statistik gender, adanya panduan, modul dan bahan KIE, serta yang tidak kalah pentingnya yakni dukungan dari masyarakat.

"Tentunya dengan kelengkapan bahan penilaian, kita bisa menunjukkan kalau Kabupaten Nganjuk sudah responsif terhadap pengarusutamaan gender dan sudah memenuhi kriteria, sehingga Kabupaten Nganjuk menjadi kota terbaik dalam penilaian APE tahun 2022 ini," kata Sri Soebekti.

Seperti diketahui, pada Tahun 2021 Pemkab Nganjuk dalam APE mendapat predikat Madya.

Untuk Tahun ini, penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) tersebut Pemkab Nganjuk menargetkan mendapat predikat  Utama atau Mentor.

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved