Berita Nganjuk

Kapolres Nganjuk Terjun Bersihkan ODGJ yang 19 Tahun Tak Mandi

Kapolres Nganjuk kembali terjun melakukan aksi kemanusiaan terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dengan melakukan pemeriksaan kesehatan

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmatara
Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson Situmorang (kanan) bersama Jito, ODGJ asal kecamatan Bogor yang baru saja dibersihkan. 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson Situmorang kembali terjun memberikan bantuan kesehatan kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kali ini, sasarannya adalah Jito, warga kecamatan Bogor. 

Dalam kegiatan itu, Kapolres memfasilitasi pemeriksaan kesehatan terhadap Jito. 

Kapolres Nganjuk juga memotong langsung rambut gimbal Jito yang tidak terurus.

Kapolres Nganjuk selanjutnya memberikan biaya pengobatan Jito serta santunan kepada keluarga.  

Kata keluarganya, Jito sudah mengalami gangguan kejiwaan sejak tahun 2002.

Ia juga dikatakan tidak pernah mandi lagi selama 19 tahun hingga rambut gimbalnya tumbuh sepanjang lebih dari 1 meter. 

"Saudara Jito penderita ODGJ tersebut jangan dianggap sebagai orang yang melakukan atau mengganggu. Tetapi sudara Jito tersebut sedang mengalami gangguan atau tekanan pada jiwanya sehingga sepatutnya mendapat perlakukan biasa," kata Boy Jeckson Situmorang, Rabu (9/3/2022).

Dikatakan Boy Jeckson Situmorang, masyarakat semestinya bisa menerima para ODGJ, dan bila memungkinkan turut membantu proses penyembuhannya. Memanusiakan ODGJ adalah tugas dan tanggung jawab bersama.

Untuk itu, ungkap Boy Jeckson Situmorang, tindakan yang dilakukanya dengan memberi bantuan pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan bagian dari program khusus Polres Nganjuk. Sebelumnya, pihaknya juga memberikan bantuan usaha kepada Yatiran, seorang mantan ODGJ di Desa Loceret Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

"Kehadiran kami ini adalah untuk melakukan perawatan ODGJ yang ada di Kabupaten Nganjuk. Ini merupakan kegiatan program Polres Nganjuk, dimana bulan lalu kita juga melakukan hal yang seperti ini, yakni memberikan gerobak untuk kegiatan usaha bagi ODGJ yang sudah sembuh," ucap Boy Jeckson didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Nganjuk, Ny Dina Boy Jeckson.

"Bila nanti sudah sembuh serta melewati masa-masa perawatan, akan kami berikan nafkah atau bantuan untuk berwirausaha bagi yang bersangkutan," ujar Boy Jeckson.
 

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved