Berita Nganjuk

DPRD Dorong Pemkab Nganjuk Segera Realisasikan Penerapan Satu Jalur di Jl A Yani

DPRD Kabupaten Nganjuk mendesak Pemkab Nganjuk segera merealisasikan penerapan jalur lalu lintas satu arah di jalan A Yani Kota Nganjuk.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/ahmad amru muiz
Jalan A Yani Kota Nganjuk yang dipersiapkan untuk satu jalur dari arah selatan ke utara sudah lengkap dengan marka dan rambu jalan sebagai salah satu penataan Kota. Namun hingga kini penerapan satu arah belum direalisasikan sehingga menimbulkan kerawanan kecelakaan.  

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - DPRD Kabupaten Nganjuk mendesak Pemkab Nganjuk segera merealisasikan penerapan jalur lalu lintas satu arah di jalan A Yani Kota Nganjuk.

Apalagi, semua fasilitas pendukung penerapan jalur satu arah dari Selatan ke Utara di Jalan A Yani Kota Nganjuk dinilail sudah lengkap.

Anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Nganjuk, Eko Wahyu mengatakan, pihaknya melihat belum diterapkannya jalur satu arah di jalan A Yani Kota Nganjuk menimbulkan kerawanan kecelakaan.

Ini dikarenakan sudah tidak adanya markah jalan pemisah jalur.

"Silakan dilihat bagaimana lalu lintas di jalan A Yani yang masih digunakan untuk dua arah lalu lintas. Umumnya pengendara saling memakan jalur hingga seringkali nyaris terjadi kecelakaan," kata Eko Wahyu, Senin (7/3/2022).

Kata Eko, rambu-rambu jalan di sepanjang jalan A Yani semuanya sudah terpasang untuk satu jalur kendaraan. Demikian pula dengan rambu-rambu di jalan-jalan pendukung lainya juga telah terpasang rambu petunjuk jalan dan sebagainya.

Hanya saja, diakui Eko Wahyu, untuk jalan pendukung satu jalur di Jalan A Yani kota Nganjuk masih perlu dilakukan kajian kembali oleh Dishub Kabupaten Nganjuk. Terutama di jalan-jalan yang ada Rumah Sakit yang membutuhkan layanan cepat dari semua jalur.

"Untuk itu, kami usulkan untuk penerapan satu jalur di jalan pendukung bisa dikoreksi kembali dengan mempertimbangkan kondisi dan kepentingan masyarakat. Seperti adanya Rumah Sakit dan lainya," tandas Eko Wahyu.

Sementara Sekretaris Dishub Kabupaten Nganjuk, Sujito mengatakan, sebenarnya seluruh fasilitas penerapan jalur satu arah di jalan A Yani Kota Nganjuk sudah siap semuanya. Mulai markah hingga rambu-rambu jalan sudah terpasang semuanya.

"Saat ini untuk rambu-rambu jalan satu arah kami tutup dengan kain hitam semuanya, dan akan dibuka penutupnya bila mulai diterapkan jalur satu arah nantinya," kata Sujito.

Belum diterapkannya jalur satu arah di jalan A Yani Kota Nganjuk, menurut Sujito, dikarenakan belum adanya kebijakan penerapan dari Dinas Kimpraswil Nganjuk. Ini dikarenakan pembangunan Pedestrian di sepanjang jalan A Yani belum selesai seluruhnya karena masih ada perawatan dan perbaikan.

"Kami belum tahu sampai kapan penundaan penerapan satu arah jalur lalu lintas di Jalan A Yani Kota Nganjuk, dimana sebenarnya akan dimulai pada awal bulan Januari 2022 lalu," tutur Sujito. (aru/Achmad Amru Muiz) 

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved