Berita Nganjuk

Tingkatkan Pelayanan Adminduk Online, Pemkab Nganjuk Akan Sempurnakan Aplikasi Sedudo

Untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan adminduk online, Pemkab Nganjuk akan menyempurnakan aplikasi Sedudo

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist
Plt Kadispendukcapil Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki saat memberikan pemaparan dalam rapat koordinasi upaya penyempurnaan aplikasi Sedudo hingga ke tingkat Desa. 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk berupaya menyempurnakan aplikasi Sedudo (Sistem Elektronik Terpadu Daerah Online) untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) hingga di level pemerintahan terbawah atau tingkat Desa.

Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk,  Slamet Basuki menjelaskan, upaya meningkatkan kualitas pelayanan demi menyempurnakan aplikasi Sedudo tersebut selaras dengan reformasi birokrasi yang terus digalakkan Pemda Nganjuk.

Terlebih, Pemkab Nganjuk terus mendorong untuk menciptakan inovasi dalam memberi pelayanan.

"Melalui pembahasan bersama untuk pemantapan progres pelayanan pemerintah desa itu yang harus dilakukan. Apa dan bagaimana layanan tambahan yang akan digunakan pada aplikasi Sedudo bisa dibahas dan ditentukan bersama,' kata Slamet Basuki, kemarin.

Aplikasi Sedudo, ungkap Slamet Basuki, merupakan salah satu dari ikon sistem aplikasi yang dimiliki Pemkab Nganjuk.

Dalam penyempurnaan aplikasi Sedudo perlu ada tambahan fitur.

Tambahan fitur yang perlu dimasukkan antara lain menu naskah dinas, aparatur desa, laporan dan gotong royong. Tambahan menu tersebut semuanya sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Di aplikasi Sedudo nantinya, tambah Slamet Basuki,  juga akan ditambahkan layanan adminduk lainnya. Seperti e-Suket dan e-Pamong, Dimana e-Suket dan e-Pamong tersebut database akan terintegrasi langsung ke Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK) dan otomatis akan masuk ke dalam aplikasi Sedudo.

Namun dalam pembahasan penambahan menu di aplikasi Sedudo saat ini masih fokus pada menu e-Monitoring. Ini dikarenakan pada menu tersebut semua program kerja perangkat daerah akan terekam secara berkala. Dengan harapan seluruh perangkat daerah bisa optimal kinerjanya.

"Itu semua diupayakan seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Sudah semestinya pelayanan adminduk juga dituntut untuk menyesuaikan dan menyiapkan pendukung pelayanan. Salah satunya layanan pengaduan masyarakat dengan memanfaatkan media online," tutur Slamet Basuki. (aru/Achmad Amru Muiz) 

 


Caption Foto: Plt Kadispendukcapil Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki saat memberikan pemaparan dalam rapat koordinasi upaya penyempurnaan aplikasi Sedudo hingga ke tingkat Desa. (Ist)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved