Berita Nganjuk

Operasi Keselamatan Semeru 2022, Kapolres Nganjuk Ingatkan Personilnya Tak Kejar Target Penindakan

Operasi Keselamatan Semeru 2022, Jajaran Polres Nganjuk diingatkan untuk tidak hanya kejar target penindakan.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/ahmad amru muiz
Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson Situmorang saat memberikan arahan dan paparan dalam apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2022 di Mapolres Nganjuk. 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - Operasi Keselamatan Semeru 2022, Jajaran Polres Nganjuk diingatkan untuk tidak hanya kejar target penindakan. Hal itu disampaikan Kapolres Nganjuk dalam apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Semeru 2022.

Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson Situmorang menjelaskan, seluruh jajaran Polres Nganjuk dalam menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2022 untuk lebih mengedepankan langkah simpatik dan humanis.

"Kita harus tahu dan memahami situasi saat ini adalah pandemi Covid-19. Dimana semua sektor mengalami penurunan, baik dari segi ekonomi maupun psikologis masyarakat. Oleh karena itu, yang paling utama ialah lakukan langkah-langkah preemtif dan preventif. Lakukan langkah-langkah simpatik dan humanis kepada pengguna jalan," kata Boy Jeckson Situmorang, Selasa (1/3/2022).

Dikatakan Boy Jeckson, kepada masyarakat pelanggar aturan lalu lintas jika bisa diingatkan dan dibina maka anggota Kepolisian dilapangan harus melakukan pembinaan. Upaya penegakan hukum memang penting dalam berlalu lintas, tetapi mengingat hal ini merupakan operasi kewilayahan, maka harus perhatikan juga karakteristik atau kearifan lokal wilayah Nganjuk.

"Kondisi Kabupaten Nganjuk sekarang ini sudah cukup kondusif, karenanya lakukan-langkah humanis dan persuasif bisa menjadi pilihan utama. Ingat yang kami katakan tadi, psikis masyarakat sekarang sedang labil, situasi ekonomi juga sedang labil. Oleh karena itu, kita lakukan langkah-langkah bagaimana memotivasi masyarakat, bagaimana bisa membangkitkan semangat masyarakat di saat situasi-situasi seperti ini," ucap Boy Jeckson Situmorang.

Operasi Keselamatan Semeru 2022, papar Boy Jeckson Situmorang, berlangsung mulai tanggal 1 Mare hingga tanggal 14 Maret 2022. Dimana di wilayah Jawa Timur setidaknya melibatkan 3.879 personel Polda Jatim dan Polres jajaran.

Operasi tersebut fokus pada delapan pelanggaran lalu lintas. Yakni pengendara yang tidak memakai helm, melebihi batas kecepatan, pengemudi di bawah umur, tidak menggunakan safety belt, mabuk-mabukan atau dalam pengaruh alkohol saat berkendara, memakai handphone ketika berkendara, melawan arus lalu lintas, serta kendaraan over dimensi dan over load.

"Kami sampaikan terimakasih kepada unit PM, Kodim 0810 Nganjuk, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk. Mari kita bekerja sinergis dan kerja kolaboratif. Bersama-sama kita lakukan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Nganjuk. Kegiatan ini tidak bisa dikerjakan sendiri, tidak bisa dikerjakan secara parsial, tetapi harus bersama-sama secara kolaboratif," tandas Boy Jeckson Situmorang.

Sebagaimana arahan Kapolda Jatim, tambah Boy Jeckson Situmorang, juga mengingatkan jajaran Kepolisian untuk mengedepankan edukasi mengenai keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas kepada masyarakat.

"Untuk itu, laksanakan kegiatan edukasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas kepada masyarakat secara intens, khususnya kepada kaum milenial, sehingga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," tutur Boy Jeckson Situmorang.  (aru/Achmad Amru Muiz) 

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved