Breaking News:

Berita Trenggalek

Tanah Longsor di Trenggalek Sebabkan Dinding Rumah Warga Jebol, BPBD Imbau Masyarakat Waspada

Dua musibah tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Trenggalek merusak dinding rumah warga. BPBD mengimbau warga untuk waspada.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/aflahul abidin
Tanah longsor yang menjebolkan dinding rumah warga di Kabupaten Trenggalek. 

TRIBUNMATARAMAN.com | TRENGGALEK – Dua musibah tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Trenggalek merusak dinding rumah warga.

Dua titik tanah longsor itu terjadi di Desa Karangturi, Kecamatan Munjungan dan Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, longsor di Desa Karangturi mengakibatkan jebolnya sebagian dinding batu bata rumah milik Samen yang berada di RT/RW 31/04.

Tanah longsor terjadi pada Rabu (3/11/2021) malam. Lokasi tebing tanah longsor berjarak hanya beberapa meter dari rumah. Kondisi ini membuat material mengenai bagian dinding hingga jebol.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Vanessa Angel, Polisi Sebut Mobil Melaju di Atas 100 Km Per Jam

Sementara longsor di Desa Karangrejo yang terjadi Selasa (2/11/2021) malam mengakibatkan dinding rumah sisi kamar milik warga bernama Bakat juga jebol.

Para petugas bersama warga setempat sudah membersihkan material longsor secara bergotong royong di dua lokasi tersebut.

Sekretaris BPBD Kabupaten Trenggalek Tri Puspitasari menjelaskan, kedua tanah longsor itu terjadi karena wilayah tersebut diguyur hujan intensitas sedang hingga deras berjam-jam sebelum kejadian.

“Longsor terjadi karena kondisi tanah yang labil. Kemudian terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga berat setelah kemarau panjang,” ujar Puspitasari, Kamis (4/11/2021).

Pihaknya mengimbau kepada warga untuk terus waspada selama musim penghujan. Apabila terjadi hujan deras secara terus menerus, warga yang berada di sekitar wilayah pegunungan dan perbukitan harus lebih hati-hati.

“Apabila hujan terjadi dan mengindikasikan terjadinya tanah longsor, kami mengimbau agar warga untuk segera menjauh dari lokasi untuk mencari tempat yang aman,” ungkap dia. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved