Breaking News:

Berita Nganjuk

DPRD Nganjuk Optimistis Bisa Selesaikan Pembahasan APBD 2022 Sebelum Desember 2021

DPRD Kabupaten Nganjuk optimistis bisa menyelesaikan pembahasan APBD tahun 2022 sebelum bulan Desember 2021.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman/achmad amru muiz
Rapat paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk yang digelar secara tatap muka 

TRIBUNMATARAMAN.com | NGANJUK - DPRD Kabupaten Nganjuk optimistis bisa menyelesaikan pembahasan APBD tahun 2022 sebelum bulan Desember 2021.

Hal itu dilakukan untuk menghindari sanksi keterlambatan dalam pembahasan APBD tahun 2022 dari Gubernur Jawa Timur.

Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono mengatakan, DPRD akan maksimal mematuhi skedul yang telah ditetapkan Badan Musyawarah.

Bahkan, jika diperlukan semua kegiatan kunjungan kerja untuk bulan November ini digantikan untuk pembahasan APBD tahun 2022.

"Anggota DPRD sudah berkomitmen untuk mematuhi skedul pembahasan APBD tahun 2022 yang telah ditetapkan Banmus. Ini semua untuk kepentingan bersama agar tidak kena sanksi keterlamatan pembahasan dari Gubernur Jawa Timur," kata Tatit Heru Tjahjono, Minggu (31/10/2021).

Dijelaskan Tatit Heru Tjahjono, tahap awal dalam pembahasan APBD tahun 2022 yakni dengan membahas KUA PPAS APBD tahun 2022. Direncanakan untuk pembahasan KUA PPAS APBD tersebut dilakukan dalam waktu 7 hari. Dan itu sudah dilakukan di Komisi-komisi DPRD Kabupaten Nganjuk pekan terakhir bulan Oktober 2021 ini.

Selanjutnya, pembahasan KUA PPAS APBD tahun 2022 antara Badan Anggaran bersama tim Anggaran Pemkab Nganjuk diagendakan selama 5 hari.

Setelah KUA PPAS APBD tahun 2022 selesai dibahas dan disetujui bersama maka saat itu juga akan langsung masuk tahapan pembasan inti APBD 2022. Dimana rencananya pembahasan APBD 2022 tersebut dengan waktu 5 hari dilakukan antara Badan Anggaran DPRD bersama tim Anggaran Pemkab Nganjuk.

"Bila tahapan pembahasan APBD tahun 2022 lancar sesuai skedul yang telah ditetapkan Banmus DPRD, maka pada tanggal 27 November 2021 kami agendakan rapat paripurna pengesahan dan persetujuan APBD tahun 2022," ucap Tatit Heru Tjahjono.

Dengan demikian, tambah Tati Heru Tjahjono, pada bulan Desember bila ada revisi dari Gubernur bisa segera dilakukan perbaikan dan sebelum akhir tahun 2021 ini APBD Kabupaten Nganjuk tahun 2022 sudah disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

"Dan kami optimis dengan skedul yang telah ditetapkan Banmus DPRD untuk pembahasan APBD tahun 2022 tersebut akan memenuhi waktu yang telah ditentukan Gubernur Jawa Timur, sehingga sanksi keterlambatan bisa dihindari," tutur Tatit Heru Tjahjono.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved