Traveling

Belajar Soal Teh di Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir di Jember

Wisatawan yang berkunjung ke Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir di Jember juga bisa mendapat pengetahuan tentang teh.

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Salah satu spot di Kebun teh Gunung Gambir, Kabupaten Jember 

Reporter: Sri Wahyunik

TRIBUNMATARAMAN.com | TRENGGALEK - Wisatawan yang berkunjung ke Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir, tidak hanya sekadar datang untuk menikmati pemandangan, kemudian berfoto ria, dan pulang.

"Namun juga bisa mengetahui tentang teh. Masyarakat bisa mengenal dan mengetahui tanaman teh dari dekat. Bisa melihat pekerja memetik teh. Ada edukasi tentang teh di sini," kata Manajer Kebun Gunung Gambir, Heru Santoso.

Hamparan teh yang luas dipastikan memanjakan mata. Anda yang ingin sekadar menyepi dari keramaian, bisa menikmati teh hitam khas Gunung Gambir sambil melihat hamparan kebun teh, ibu-ibu pemetik daun teh, atau kabut yang turun menyelimuti hamparan teh.

Pengunjung cukup duduk di warung atau pujasera yang menghadap hamparan teh. Teh hitam hangat produk asli Gunung Gambir menemani.

Di depan mata, hamparan kebun teh yang hijau berbukit-bukit. Ada dua orang perempuan yang sedang memetik pucuk daun teh. Sedangkan di kejauhan, kabut perlahan turun meskipun hari masih siang.

Suasana yang menyejukkan dan menenangkan. "Memang di Gunung Gambir ini, cahaya matahari penuh hanya sekitar dua jam," terang Heru yang menemani Surya menikmati kabut dan teh.

Wisata kebun teh Gunung Gambir di Kabupaten Jember
Wisata kebun teh Gunung Gambir di Kabupaten Jember (surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik)

Bagi wisatawan yang hendak berwisata ke WAR Kebun Teh Gunung Gambir, sebaiknya datang pagi sehingga bisa menikmati pemandangan sampai siang jika tidak menginap.

Namun bagi yang ingin menginap, wisatawan bisa menyewa vila milik kebun tersebut. "Tetapi bagi yang hendak menginap sebaiknya reservasi dulu. Kontak ke nomor telepon kantor," lanjut Heru.

Baca juga: Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir, Alternatif Tempat Plesir Setelah Sepekan Sibuk Kerja

Tiket masuk ke tempat wisata ini yakni Rp 6.000 per orang, selain biaya parkir kendaraan bermotor.

Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir ini berjarak sekitar 59 Km dari Alun-Alun Jember (pusat kota Jember).

Jika kesana, sebaiknya memakai kendaraan berbadan kecil, mobil MPV, atau kendaraan penumpang seperti minibus. Sebab jalur ke kebun itu hanya cukup untuk berpapasan dua kendaraan saja.

Bahkan di beberapa titik tertentu, antar kendaraan harus saling mengalah untuk memberi jalan.

Sopir kendaraan juga harus handal, karena jalurnya adalah jalur tipikal pegunungan yakni berkelok. Namun kondisi jalan hingga ke lokasi wisata terbilang baik.

"Rencana ke depan, akan ada perbaikan jalan mulai dari lokasi wisata ini, terus ke atas sampai ke vila, juga sampai ke perbatasan dengan Probolinggo," pungkas Heru.

Baca juga: Sensasi Gowes ke Air Terjun Manggisan Jember, Rute Menantang Suasana Alami di Kaki Gunung Argopuro

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved