Breaking News:

Berita Trenggalek

Soal Anjungan Cerdas-Bendungan Tugu, Bupati Trenggalek: Wisata Kawasan Selatan yang Tiada Duanya

Bupati Trenggalek menyebut tempat peristirahatan Anjungan Cerdas dan Bendungan Tugu akan menjadi spot wisata yang tiada duanya di wilayah selatan.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: eben haezer
tribunmataraman/aflahul abidin
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (kanan) saat ikut dalam peninjauan Bendungan Tugu, Rabu (29/9/2021). 

TRIBUNMATARAMAN.COM | TRENGGALEK – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyebut tempat peristirahatan Anjungan Cerdas dan Bendungan Tugu akan menjadi spot wisata yang tiada duanya di wilayah selatan.

Anjungan Cerdas dan Bendungan Tugu berada di lokasi yang berdampingan di pinggir jalan nasional Trenggalek-Ponorogo.

Dari salah satu titik di Anjungan Cerdas, panorama area waduk Bendungan Tugu bisa terlihat jelas. Tak hanya itu, Anjungan Cerdas juga memiliki beberapa fasilitas yang mendukung kepariwisataan dan pemberdayaan UMKM.

“Kenapa spot satu-satunya, karena keberadaan Bendungan Tugu sangat lengkap. Selain dilengkapi bangunan Anjungan Cerdas yang digadang-gadang tidak hanya sebatas rest area saja, tapi juga bisa jadi hub-penghubung perekonomian wilayah sekitar,” kata Mas Ipin, sapaan akrabnya, Rabu (29/9/2021).

Lokasinya yang berada persis di pinggir jalan nasional diyakini bakal menunjang minat warga untuk mampir dan berwisata di area tersebut.

Mas Ipin berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah bekerja sama dalam menciptakan kawasan wisata terintegrasi itu.

“Ini berkat pemikiran dan dedikasi putra-putra terbaik Trenggalek. Kemudian didukung oleh pemerintah pusat dan provinsi. Hingga akhirnya banyak proyek strategis nasional yang ada di Kabupaten Trenggalek,” sambung Mas Ipin.

Dengan proses serah terima bangunan Anjungan Cerdas dari Kementerian PUPR ke Pemprov Jatim, Bupati muda itu berharap masyarakat Kabupaten Trenggalek akan mendapat berkah yang signfikan.

“Termasuk dengan rencana dijadikannya tempat ini sebagai salah satu creative hub. Artinya tidak sekedar rest area, melainkan juga industri kreatif harus masuk di dalamnya,” tutur dia.

Sekadar informasi, Anjungan Cerdas bukan sekadar tempat peristirahatan dengan pemandangan Bendungan Tugu. Anjungan ini memiliki enam klaster yang meliputi klaster kuliner, kesenian dan budaya, argo dan maritim, wisata, industri kreatif, dan layanan.

Sementara Bendungan Tugu merupakan salah satu proyek strategis nasional yang akan segera diresmikan, setelah proses pengisian awal waduk atau impounding dimulai beberapa waktu lalu.

Bendungan ini memiliki kapasitas sekitar 9,3 juta meter kubik. Tinggi genangannya mencapai 89,85 meter dan panjang 475 meter. Dengan kapasitas dan spesifikasi itu, bendungan tersebut akan memenuhi kebutuhan air irigasi untuk lahan seluas 1.200 hektare (ha).

Selain itu, Bendungan Tugu juga akan memenuhi penyediaan air baku sebesar 12 liter per detik.

Fungsi lain dari bendungan ini, yaitu untuk menanggulangi bencana banjir tahunan di Kabupaten Trenggalek dengan pengurangan debit sebesar 76,21 meter kubik per detik.

Bendungan ini juga memiliki potensi PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) sebesar 0,4 megawatt.

Baca juga: Wagub Jatim Sebut Anjungan Cerdas di Trenggalek Potensial Jadi Obyek Wisata

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved