Berita Trenggalek

1.072 Peserta Seleksi PPS Pemilu 2024 di Trenggalek Jalani Tahapan Tes Wawancara

Sebanyak 1.072 orang peserta seleksi PPS Pemilu tahun 2024 Kabupaten Trenggalek mengikuti tahapan tes wawancara yang berlangsung sejak kemarin

Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/sofyan arif candra
Pelaksanaan tahapan tes wawancara terhadap peserta seleksi PPS Pemilu 2024 di Kabupaten Trenggalek. 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Sebanyak 1.072 orang peserta seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu tahun 2024 Kabupaten Trenggalek mengikuti tahapan tes wawancara yang berlangsung mulai kemarin (18/1/2023) hingga besok (20/1/2023),

Seleksi wawancara tersebut dilaksanakan di setiap kecamatan sesuai lokasi desa para pendaftar calon PPS.

"Yang menguji para peserta adalah komisioner yang bertugas di Korwil tersebut dibantu dengan seorang kasubbag," kata Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kabupaten Trenggalek, Nurani, Rabu (18/1/2023).

Nurani mengatakan lima komisioner KPU menguji peserta seleksi PPS di setiap Korwil dengan estimasi waktu satu kecamatan selesai satu hari.

"Contohnya saya, hari pertama saya menguji di Kecamatan Karangan, hari kedua di Kecamatan Bendungan, dan hari terakhir di Kecamatan Trenggalek," lanjutnya.

Materi yang ditanyakan kepada peserta adalah teknis terkait pelaksanaan Pemilu baik itu pemilihan presiden, pemilihan legislatif, maupun pemilihan kepala daerah.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah terkait kasus pindah pilih para peserta Pemilu dari luar daerah ke Kabupaten Trenggalek.

Kasus tersebut menjadi perhatian KPU Kabupaten Trenggalek agar peristiwa pemungutan suara ulang (PSU) di Desa Timahan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek tidak terulang.

Nurani menyebutkan jumlah PPS yang diperlukan dalam gelaran Pemilu 2024 adalah 471 orang atau dengan rincian 3 orang di setiap desa/kelurahan di Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 157 desa/kelurahan.  

"Hasil seleksi kita umumkan tanggal 21 Januari sampai 23 Januari, lalu penetapan anggota PPS tanggal 23 Januari, dan pelantikan anggota PPS tanggal 24 Januari," pungkasnya 

(sofyan arif candra/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved