Berita Kediri

Sego Tiwul Asli Kediri Dapat Sertifikat HAKI Dari Kemenkumhan 

Sego tiwul khas Kabupaten Kediri mendapatkan Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: eben haezer
ist
Ilustrasi sego tiwul khas Kediri 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Sego tiwul khas Kabupaten Kediri mendapatkan Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Sebelumnya Kabupaten Kediri juga mendapatkan HAKI di bidang kesenian yakni Jaranan Jowo dan  Wayang Krucil. 

Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal dan Pegetahuan Tradisional tersebut dengan nomor pencatatan PT35202300016.

Baca juga: Wayang Krucil Telah Resmi Menjadi Budaya Asli Kediri

Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4) Imam Mubarok mengaku bersyukur atas keluarnya sertifikat HAKI untuk sego tiwul.

“Alhamdulillah setelah menerima sertifikasi HAKI kesenian Jaranan Jowo, Wayang Krucil hari ini Sego Tiwul akhirnya resmi menjadi makanan khas Kediri,” ungkap Imam Mubarok, Sabtu  (14/1/2023).

Dijelaskannya, upaya mendapatkan HAKI tidak berhenti sampai disini. Namun akan menjadi gerakan agar kebudayaan asli Kabupaten Kediri tetap terjaga, tidak diklaim daerah lain.

“Tak hanya ini, kita juga sedang kita mendorong juga tradisi yang lain. Ini sebuah kelebihan juga bagi kita semoga kedepan mendapatkan manfaat dari ini semua,” terusnya.

Sementara Kepala Balitbangda Kabupaten Kediri, Sonny Subroto mengatakan, HAKI sangat penting agar kuliner khas Kabupaten Kediri tidak diakui oleh daerah lain atau negara lain.

“Ini akan terus dilakukan oleh Pemkab Kediri, karena Mas Dhito (Bupati Kediri) sudah meminta agar kebudayaan Kediri terus dijaga dan dilestarikan,” jelasnya.

(didik mashudi/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved