Pembangunan Tol Kediri Tulungagung

2 Kecamatan di Kota Kediri Terdampak Pembangunan Tol Kediri-Tulungagung

Di kota Kediri akan ada 2 kecamatan yang masuk dalam wilayah terdampak pembangunan tol Kediri-Tulungagung, berikut daftar kelurahannya

Editor: eben haezer
ist
Peta lokasi tol Kediri-Tulungagung. 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Lokasi proyek jalan tol Kediri-Tulungagung yang rencananya akan dibangun pada 2023 ini sudah ditetapkan.

Berdasarkan penetapan lokasi (Penlok) pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) pada 3 Januari 2023, luasan lahan yang dibutuhkan ± 3.832.737,83 meter persegi.

Rencananya, jalan tol Kediri-Tulungagung akan mencakup tiga kabupaten/kota yakni Kota Kediri, Kabupaten Kediri serta Kabupaten Tulungagung.

"Rincian luas wilayah yang akan dibangun tol Kediri-Tulungagung untuk kawasan Kota Kediri mencakup 765.097,62 meter persegi, Kabupaten Kediri 1.995.211,43 meter persegi serta 1.072.428,78 meter persegi di lahan Kabupaten Tulungagung," ungkap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jatim selaku Ketua Tim Persiapan, Benny Sampirwanto.

Untuk wilayah Kota Kediri sendiri nantinya akan ada dua kecamatan yang masuk dalam list pembangunan yakni Kecamatan Mojoroto seluas 754.304,13 meter persegi dan Kecamatan Kota Kediri 10.793,49 meter persegi.

Sedangkan dari dua kecamatan tersebut, ada delapan kelurahan yang terdampak pembangunan. Tujuh kelurahan berada di Kecamatan Mojoroto dan satu kelurahan di Kecamatan Kota Kediri.

Adapun kelurahan di Kecamatan Mojoroto yang akan dilewati pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung yakni Kelurahan Mrican, Kelurahan Gayam, Kelurahan Ngampel, Kelurahan Bujel, Kelurahan Sukorame, Kelurahan Pojok, serta Kelurahan Mojoroto. Satu kelurahan lagi yang masuk di wilayah Kecamatan Kota Kediri yakni Kelurahan Semampir.

Saat ini, proses pengadaan lahan pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung tengah dilakukan sampai Triwulan IV tahun 2023 mendatang.

Pembangunan pun direncanakan akan dimulai pada tahun 2023 ini dan ditargetkan pada 2024 tol Kediri-Tulungagung sudah mulai beroperasi.

Tujuan pembangunan jalan tol Kediri-Tulungagung sendiri merupakan implementasi dari arah kebijakan utama pembangunan nasional dengan percepatan pengembangan kawasan strategis.

Selain itu, hadirnya jalan tol Kediri-Tulungagung ini juga bisa dijadikan penghubung antar pusat-pusat ekonomi di wilayah Jawa Timur bagian selatan.

Ditambah lagi, saat ini proyek Bandara Internasional Dhoho Kediri juga tengah dalam masa pembangunan dan ditargetkan selesai pada akhir 2023. Jalan tol Kediri-Tulungagung ini diharapkan bisa mempermudah akses dan mobilitas di kota/kabupaten sekitar bandara.

(luthfi husnika/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved