Peresmian Bendungan Semantok

Presiden Jokowi Akan Meresmikan Bendungan Semantok di Nganjuk Hari ini, Terpanjang di Asia Tenggara

Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan bendungan Semantok di Nganjuk, hari ini, Selasa (20/12/2022).

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/ahmad amru muiz
Bendungan Semantok di Nganjuk yang akan diresmikan Presiden Jokowi hari ini, Selasa (20/12/2022) 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan bendungan Semantok di Nganjuk, hari ini, Selasa (20/12/2022).

Presiden Jokowi juga akan gowes di atas bendungan sepanjang 1,2 km yang diklaim terpanjang di Asia Tenggara itu. 

Presiden Jokowi juga akan berdialog dengan perwakilan petani penerima manfaat Bendungan Semantok. 

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Semantok di Nganjuk, Bendungan ke-30 yang Dibangun Sejak 2015

Agenda tersebut dipaparkan Sekda Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan. 

"Semoga semuanya sesuai jadwal dari kunjungan Bapak Presiden Jokowi di Kabupaten Nganjuk," kata Nur Solekan usai pelantikan sebagai Sekda Nganjuk, Senin (19/12/2022).

Dia mengatakan, Presiden Jokowi juga akan berkunjung ke pasar Rejoso untuk berdialog dan membagikan paket bantuan. 

Terkait agenda presiden Jokowi gowes inspeksi di atas bendungan, Nur Solekan menyebut agenda tersebut belum pernah dilakukan Presiden sebelumnya. 

"Tapi bila kondisinya memungkinkan dengan cuaca cerah dan tidak hujan sehingga jalan inspeksi cukup baik untuk bersepeda," tutur Nur Solekan.

Pengamanan Kunjungan Presiden

Sementara itu,  kemarin (19/11/2022), Danrem 081/Dhirotsaha Jaya menggelar apel kesiapan pasukan pengamanan VVIP untuk mengamankan kedatangan Presiden Jokowi. 

Komandan Korem (Danrem) 081/Dhirotsaha Jaya, Kolonel Inf Deni Rejeki selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) pengamanan wilayah bersama mengatakan,  pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI beserta rombongan di wilayah Kabupaten Nganjuk merupakan tugas bersama.

"Kita menjadi tuan rumah atas kunjungan kerja Bapak Presiden. Ini merupakan suatu penghormatan, kebanggaan dan kepercayaan kepada kami semua. Merupakan tugas semua dari unsur Pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat untuk menjaga keamanan dan kondusivitas acara," kata Deni Rejeki, Senin (19/12/2022).

"Kita memiliki tanggungjawab atas amanah yang diberikan, untuk itu harus kita laksanakan secara profesional. Semoga lancar, aman dan tertib," tandas Deni Rejeki.

Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson mengatakan, jajarannya siap mengamankan rute yang dilalui rombongan Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Waduk Semantok pada Selasa (20/12/2022).  

"Tentunya diperlukan sinergi dan komunikasi dengan elemen pengamanan yang lain supaya tidak tumpang tindih dalam menjalankan SOP masing-masing," kata Boy Jeckson.

Sedangkan Kabagops Polres Nganjuk, Kompol Abdul Rokib menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan sebanyak 438 personel Polres Nganjuk yang tidak bersenjata. Petugas tersebut akan disebar di sepanjang jalur dari Wilangan hingga Waduk Semantok di Desa Sambikerep Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk.

"Itu dari Polres Nganjuk saja. Masih ada tambahan lagi yang didatangkan dari Satuan Brimob Polda Jatim dan personel tambahan dari Polres terdekat. Jadi, diperkirakan total ada 750 personel yang dikerahkan untuk pengamanan jalur kunjungan kerja Presiden RI di Nganjuk," tutur Abdul Rokib.

(Achmad Amru Muiz/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved