Pilpres 2024

Sandiaga Uno Siap Turun di Pilpres 2024, Akui Bangun Komunikasi dengan Partai

Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan siap maju di pemilihan presiden 2024. Baik sebagai Calon Presiden maupun Wakil Presiden. 

Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/bobby c koloway
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri acara Studium Generale Menakar Indonesia ke Depan Dan Bedah Buku 1500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno di Universitas Surabaya, Senin (19/12/2022).  

TRIBUNMATARAMAN.COM - Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan siap maju dalam Pilpres 2024, Baik sebagai Calon Presiden maupun Wakil Presiden. 

Hal ini dia nyatakan usai menghadiri acara Studium Generale Menakar Indonesia ke Depan Dan Bedah Buku 1500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno di Universitas Surabaya, Senin (19/12/2022). 

"Saya sendiri siap. Saya nyatakan (siap), nanti partai politik yang akan menentukan," kata Sandiaga

Baca juga: Soal Pilpres 2024, Menparekraf Sandiaga Uno Ikut Apapun Arahan Menhan Prabowo

Kesiapan tersebut baik untuk posisi Capres maupun Wapres.

"Kita tidak boleh mematok-matok (posisi Capres atau Wakil Presiden), kita sampaikan itu dari partai politik yang akan menentukan," katanya. 

Politisi Partai Gerindra ini mengakui telah membangun komunikasi dengan sejumlah partai politik. Baik dengan Gerindra maupun partai lainnya. 

"Kami menyiapkan, tapi partai politik yang akan menentukan. Saya selalu berkoordinasi dengan partai-partai politik, termasuk partai politik dimana saya bernaung, Partai Gerindra," kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Komunikasi dengan Partai berjalan intens seiring dengan program kerakyatan yang disampaikan kepada masyarakat. "Setiap kegiatan saya menyapa warga, memberikan suatu solusi bagi bangsa. Kami laporkan selalu kepada para stakeholder, termasuk partai politik," katanya. 

Sandiaga menambahkan, kesiapannya maju dalam kontestasi juga berbekal pencapaian di pemerintahan. Menurut pria yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tersebut, hasil positif di Kementerian yang dipimpinnya menjadi bukti komitmen menyejahterakan rakyat. 

Misalnya, bangkitnya ekonomi di sektor wisata dengan kedatangan tamu mancanegara yang kini mencapai 5 juta wisatawan di atas target nasional (3,6 juta wisatawan). Serta, sukses membuka lapangan kerja bagi 1,1 juta masyarakat. 

"Saya sudah menyampaikan kesiapan dan itu sudah kami buktikan dengan pencapaian pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya. 

Menurutnya, ini akan menjadi pertimbangan partai politik dalam menentukan calon yang diusung. "Namun ini butuh cara, tentunya kita berikan penghormatan dan peluang, agar partai politik menentukan pilihan nanti di bulan Oktober 2023," katanya. 

Apabila Sandi kembali diusung partai di pencapresan 2024, maka ini akan menjadi kali kedua ia maju. Pada 2019 lalu, ia maju mendampingi Prabowo Subianto sebagai Calon Wakil Presiden. 

Namun, pada akhirnya ia kalah saat pemilihan. Cerita rangkaian kampanye di pemilu lalu pun dibukukan oleh seorang penulis, Yuga Aden melalui buku judul 1500 Inspirasi: Jelajah Perjalanan Sandiaga Uno

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved