Kuliner

Kue Buble Gula Dome Untuk Merayakan Natal yang Manis

Untuk memberikan pengalaman Natal yang manis bagi pengunjung, Grand Mercure Surabaya City Hotel menyajikan Kue buble gula

Penulis: uus musahadah | Editor: eben haezer
surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Jelang Natal dan Tahun Baru Hotel Grand Mercure Surabaya City memperkenalkan menu bertemakan "Bubble", Kamis (1/12/2022). Menu ini terlihat unik dengan adanya balutan gula yang dipadatkan hingga dibentuk menyerupai hiasan pada pohon Natal. 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Menikmati momen kebersamaan di hari Natal dan libur tahun baru bisa dilakukan dengan staycation maupun kulineran. Salah satunya mencoba kue buble gula.

Namanya mungkin tampak asing di sebagian orang, sebab kue buble ini merupakan ide kreasi Grand Mercure Surabaya City pada festive season 2022.

Herman Prasetya, Pastry Chef Grand Mercure Surabaya City mengkreasikan kue pie buah dengan penutup gula kristal. Kue ini sekilas berbentuk buble atau dome sebagai tema Festive Season di Grand Mercure Surabaya City.

“Sesuai tema kami bubbly, jadi kami buat kue seperti buble transparan yang bisa dimakan,” kata Herman Prasetya.

Herman menjelaskan, pembuatan kue buble gula dome ini cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemukan. Seperti, gula, buah-buahan dan fla pastry. 

Pertama membuat kue pie berdiameter ukuran delapan centimeter yang diproses dalam oven bersuhu 195 derajat selama 25 menit.

Kue pie yang sudah kecokelatan diberi vla pastry yang sudah disiapkan di papping bag. Lapisan fla ditambah irisan buah-buahan. Ada kiwi, persik, strawberry sesuai selera.

Terakhir, membuat gula kaca sebagai penutup kue pie buah yang sudah dibuat sebelumnya.

“Cukup simple pakai gula isomalt dilelehkan seperti karamel,” katanya.

Pemilihan gula isomalt, lanjut Chef Herman, untuk membuat tampilan lebih transparan. Sebab, gula isomalt tidak akan berubah warna. Tetap bening seperti kristal dibandingkan jenis gula lainnya.

Gula yang sudah leleh dimasukan ke dalam cetakan berdiameter yang sama dengan cetakan kue pie. Hanya butuh waktu sekitar 5-7 menit untuk menunggu lelehan gula mengeras. Tahap terakhir adalah menata gula kaca ke atas kue pie buah.

“Gula kue buble ini bisa bertahan 3 hingga 5 jam di suhu ruangan atau minimal 25 derajat celcius,” pungkasnya.

(NURIKA ANNISA/TRIBUNMATARAMAN.COM)

Editor: eben haezer

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved