Berita Blitar

KPU Kota Blitar Cek Berkas 185 Pendaftar Calon Anggota PPK Pemilu 2024, Pengumuman Lolos 2 Desember

KPU Kota Blitar telah menutup pendaftaran calon anggota PPK Pemilu 2024. Pengumuman siapa yang lolos akan dilakukan pada 2 Desember 2022

Penulis: Samsul Hadi | Editor: eben haezer
tribunmataraman.com/samsul hadi
Komisioner KPU Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya memantau petugas yang sedang mengecek berkas pendaftar calon anggota PPK Pemilu 2024, Rabu (30/11/2022).    

TRIBUNMATARAMAN.COM - Sebanyak 185 orang mendaftar seleksi calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pemilu 2024 di KPU Kota Blitar.

Sekarang, KPU Kota Blitar sedang mengecek kelengkapan berkas para pendaftar untuk masuk ke tahap berikutnya, yaitu, penelitian administrasi.

"Pendaftaran seleksi calon anggota PPK ditutup kemarin sore. Sekarang kami sedang proses pengecekan kelengkapan berkas pendaftaran," kata Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya, Rabu (30/11/2022).

Rangga mengatakan jumlah warga yang membuat akun pendaftaran seleksi calon anggota PPK lewat aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA) ada 205 orang.

Dari total itu, yang masuk dalam definisi ada 185 pendaftar dengan rincian Kecamatan Kepanjenkidul 46 pendaftar, Kecamatan Sananwetan 70 pendaftar, dan Kecamatan Sukorejo 69 pendaftar.

"Jumlah pendaftar lebih 12 kali lipat dari kebutuhan PPK di Kota Blitar. Kebutuhan PPK di Kota Blitar hanya 15 orang, masing-masing kecamatan lima orang. Kota Blitar ada tiga kecamatan," ujarnya.

Dikatakannya, penelitian administrasi pendaftar seleksi calon anggota PPK berakhir pada 1 Desember 2022.

Setelah diplenokan, KPU akan mengumumkan pendaftar yang lolos seleksi administrasi pada 2 Desember 2022.

"Pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tahap berikutnya yaitu tes tulis menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)," katanya.

Sesuai jadwal, tes tulis menggunakan sistem CAT akan digelar pada 6 Desember 2022. KPU meminjam laboratorium komputer milik SMPN 3 Kota Blitar untuk pelaksanaan tes tulis.

"Pelaksanaan tes tulis sistem CAT difasilitasi Pemkot Blitar di SMPN 3 Kota Blitar," ujarnya.

Kepala Bakesbangpol Kota Blitar, Toto Robandiyo mengatakan Pemkot Blitar memberikan beberapa fasilitas untuk mendukung pelaksanaan rekrutmen badan ad hoc Pemilu 2024 oleh KPU Kota Blitar.

Beberapa fasilitas yang sudah diberikan, yaitu, surat keterangan kesehatan gratis dan tempat pelaksanaan tes tulis untuk pendaftar seleksi calon anggota PPK.

"Untuk tes tulis, kami sediakan laboratorium komputer di SMPN 3 Kota Blitar," katanya.

Dikatakannya, Pemkot Blitar juga akan memberikan fasilitas sarana prasarana kepada anggota PPK terpilih.

Fasilitas sarpras yang akan diberikan yaitu kantor sekretariat PPK dan komputer. "Kami masih mengusulkan anggaran pengadaan komputer untuk anggota PPK," ujarnya.

(sha) 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved