Berita Kediri

Pemkab Kediri Galang Bantuan Dari Para ASN Untuk Dikirim ke Korban Gempa Bumi di Cianjur

Para ASN Pemkab Kediri menggalang bantuan kemanusiaan untuk para korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. 

Editor: eben haezer
ist
Pemkab Kediri kirimkan bantuan untuk para korban gempa di Cianjur, Minggu (27/11/2022). 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Para ASN Pemkab Kediri menggalang bantuan kemanusiaan untuk para korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. 

Penggalangan donasi kemanusian dilakukan mulai 24 November 2022 hingga 2 Desember 2022 mendatang.

Namun, bantuan yang sudah terkumpul dan berwujud barang, langsung dikirim ke Kabupaten Cianjur, Minggu (27/11/2022), agar dapat segera didistribusikan. 

Bantuan kemanusiaan tersebut diangkut menggunakan dua truk. Pemberangkatan pengiriman bantuan dilakukan Mas Dhito melalui Pejabat Sekda Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo dari area parkir Convention Hall Simpang Lima Gumul. 

"Mas Bup (Mas Dhito) berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah gempa bumi di Cianjur," kata Adi Suwignyo.

Rasa gotong royong dan kepedulian untuk membantu terhadap sesama itu sangat penting. Apalagi, Kabupaten Kediri pernah mengalami bencana erupsi Gunung Kelud pada 2014 dimana waktu itu diakui bantuan banyak berdatangan dari daerah lain termasuk Provinsi Jawa Barat. 

Diterangkan Adi Suwignyo, penggalangan bantuan kemanusian itu dilakukan Pemerintah Kabupaten Kediri dengan membuka rekening donasi Kabupaten Kediri Peduli Gempa Cianjur. Tujuannya pembukaan rekening khusus itu untuk memudahkan masyarakat umum yang ingin ikut berdonasi.

"Untuk bantuan dalam bentuk barang dikumpulkan dari tiap satker di Pemerintah Kabupaten Kediri," ungkapnya.

Bantuan yang dikirimkan dalam bentuk barang menggunakan truk tersebut berupa beras sebanyak 2,5 ton, mie instan 90 dus, minyak goreng 360 liter, air mineral 250 karton dan pembalut 712 pack. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri, Edi Suprapto menambahkan, untuk bantuan berupa uang yang dikirim ke rekening donasi hingga Minggu (27/11/2022) terkumpul Rp 110 juta dan akan terus bertambah.

Adapun bantuan dalam bentuk uang yang telah diserahkan langsung dan tidak melalui rekening donasi dibelanjakan dalam bentuk barang untuk ikut dikirim pagi itu.

Sesuai rencana bantuan yang telah diberangkat ke Kabupaten Cianjur pagi itu akan diserahkan ke posko pusat yang dibuka oleh pemerintah daerah. 

"Sampai saat ini komunikasi kita masih terkendala, kalau nantinya tidak bisa diserahkan ke posko pusat, kita usahakan untuk diserahkan ke posko terdekat," bebernya.

Mengingat pengumpulan donasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kediri masih dibuka sampai 2 Desember 2022 mendatang, diakui Edi nantinya akan dilakukan penyaluran bantuan tahap kedua.

"Kepada masyarakat yang ingin ikut serta membantu, rekening donasi masih kita buka sampai 2 Desember," tandasnya.

(Luthfi Husnika/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved