Press Release

Anggota DPRD Jatim: Negara Harus Hadir dan Memenuhi Hak-Hak Penghayat

Anggota Komisi A DPRD Jawa Timur, Yordan M Batara-Goa menegaskan bahwa negara harus adil, hadir, dan mengayomi para penghayat. 

Editor: eben haezer
ist
Wawasan Kebangsaan DPRD Provinsi Jatim yang bersinergi dengan Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Indonesia (MLKI) Jawa Timur 

TRIBUNMATARAMAN.COM - Anggota Komisi A DPRD Jawa Timur, Yordan M Batara-Goa menegaskan bahwa negara harus adil, hadir, dan mengayomi para penghayat. 

Hal ini dia sampaikan dalam acara wawasan kebangssaan DPRD Provinsi Jatim yang bersinergi dengan Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Indonesia (MLKI) Jawa Timur, kemarin (12/11/2022). 

Acara itu juga dihadiri Anang Yulianto, Presidium MLKI Jawa Timur yang memberikan materi tentang sejarah dan eksistensi organisasi penghayat.

“Keberadaan Penghayat sudah dijamin dalam pasal 29 ayat 2 UUD 1945. Oleh karena itu, Negara harus mengayomi dan berlaku adil. Hak-hak penghayat harus dipenuhi. Mulai dari hak administrasi kependudukan, hak beribadah, memiliki rumah ibadah, hingga pelajaran pendidikan penghayat di sekolah. Tidak boleh ada diskriminasi lagi.,” kata Yordan.

Di hadapa 120-an perserta dari 26 aliran kepercayaan di Surabaya raya itu, Yordan yang berlatarbelakang akademisi ini menambahkan, diainya siap melakukan advokasi jika ada penghayat yang mendapat perlakuan diskriminatif. 

“Jika ada yang mengalami diskriminasi, silakan kontak saya langsung. Nomor WA saya sudah saya bagikan. Jadi tidak perlu susah susah mendatangi saya. Langsung telepon saya saja” sambung anggota Fraksi PDI Perjuangan.

“Saya juga akan mendorong Pemerintah Provinsi memberikan perhatian khusus. Termasuk struktur di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata agar mengkomodir kebutuhan Penghayat” imbuh Yordan yang juga Wakil Sekretaris DPD PDI-P Jatim.

Pada akhir paparannya, Yordan juga mendorong generasi muda penghayat untuk aktif berperan.

“Masa depan bangsa ini tergantung generasi muda. Oleh karena itu, ayo generasi muda penghayat. Ayo aktif bergerak membumikan Pancasila. Jangan sampai kalah dengan mereka yang intoleran dan radikal,” pungkasnya

(tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved