Berita Nganjuk

Dana Banpol Untuk Partai Politik di Nganjuk Naik 2 Kali Lipat Jadi Rp 5 Ribu per Suara

Besaran dana Banpol untuk Partai Politik pemilik kursi di DPRD Nganjuk telah dinaikkan 2 kali lipat menjadi Rp 5 ribu per suara.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: eben haezer
ist
Ilustrasi dana Banpol untuk partai politik. 

TRIBUNMATARAMAN.COM -  Usulan dana banpol untuk Kabupaten Nganjuk sebesar Rp 5.000 per suara untuk Parpol peraih kursi DPRD Nganjuk telah disetujui. 

Sebelumnya alokasi anggaran bantuan Parpol di Kabupaten Nganjuk sebesar Rp 2.500 persuara.

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nganjuk pun mengalokasikan anggaran bantuan Parpol mencapai Rp 2,9 miliar pertahun.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Nganjuk, Imam Ashari mengatakan, dinaikkannya besaran dana bantuan Parpol di Kabupaten Nganjuk tersebut mulai dicairkan dalam APBD Perubahan tahun 2022 ini.

"Jadi, ada kenaikan 100 persen untuk besaran bantuan Parpol mulai tahun 2022 ini," kata Imam Ashari, Rabu (9/11/2022).

Dengan demikian, besaran bantuan dana Parpol pada tahun anggaran 2023 mendatang besaranya juga sama.

Namun anggaran bantuan Parpol dengan besaran Rp 5000 persuara itu langsung dari APBD Kabupaten Nganjuk.

"Tentunya bila sumber anggaran bantuan Parpol dari APBD murni, bisa dicarikan di pertengahan tahun 2023 nantinya, atau saat mendekati Pemilu," ujar Imam Ashari.

Kata Imam Ashari, besaran dana bantuan Parpol di Kabupaten Nganjuk tidak jauh beda besaranya dengan Kabupaten lain yakni di kisaran Rp 3.000 - Rp 7500 persuara. Bahkan, untuk wilayah Kotamadya besaran dana bantuan untuk Parpol ada yang mencapai Rp 15.000 persuara.

"Yang jelas, besaran dana bantuan untuk Parpol tersebut disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah dan telah disetujui melalui SK dari Gubernur Jawa Timur," tandas Imam Ashari.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono mengatakan, adanya kenaikan dana bantuan Parpol di Kabupaten Nganjuk sudah cukup wajar. Dimana besaran dana bantuan Parpol tersebut tidak berlebihan sesuai dengan situasi dan kondisi keuangan daerah.

"Dan kami rasa besaran dana bantuan bagi Parpol peraih kursi di DPRD tersebut sudah sesuai dengan peraturan yang ada dan memang sudah waktunya ada kenaikan. Dan itu juga terjadi di daerah lain yang semuanya menaikkan dana bantuan Parpol," tutur Tatit Heru Tjahjono.

(Achmad Amru Muiz/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved